Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Majukan Pendidikan, Penj Gubernur Gorontalo Bahas Kerjasama dengan IPB

149
×

Majukan Pendidikan, Penj Gubernur Gorontalo Bahas Kerjasama dengan IPB

Sebarkan artikel ini
Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya, Sekdaprov Gorontalo dan jajaran OPD terkait saat mengunjungi Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu (5/7/2023). (Foto: Isam/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, bersama dengan Penjabat Sekdaprov Budiyanto Sidiki dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mengunjungi Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari Rabu, tanggal 5 Juli 2023.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas tindak lanjut penandatanganan Kesepakatan Bersama (Kesber) yang dilakukan pada tanggal 9 Juni 2023 lalu.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Rektor IPB, Prof. Deni Noviana, dan membahas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan IPB dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Salah satu topik yang dibahas adalah pendidikan. Penjabat Gubernur Ismail berharap bahwa IPB dapat memberikan beasiswa kepada utusan daerah Gorontalo.

Dengan adanya jalur undangan dan afirmasi untuk calon mahasiswa dari daerah tersebut, diharapkan ada representasi yang lebih baik bagi daerah tersebut di IPB. Hal ini merupakan salah satu tawaran yang ditawarkan oleh IPB dalam kerja sama ini.

Selain itu, kualitas pendidikan yang sangat baik di IPB dinilai penting untuk pengembangan sumber daya manusia di Gorontalo.

Mengingat mayoritas masyarakat Gorontalo bergantung pada sektor pertanian dan perikanan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, kerja sama dalam bidang pendidikan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sektor tersebut.

Aspek penelitian juga menjadi perhatian dalam pertemuan ini. IPB menawarkan berbagai teknologi yang bersifat generik maupun yang dikembangkan bersama dengan Pemerintah Provinsi.

Penjabat Gubernur Ismail menyatakan pentingnya identifikasi penelitian dan teknologi apa yang layak untuk diterapkan di daerah Gorontalo. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan sektor pertanian dan perikanan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Dalam pertemuan ini, diharapkan semua hasil pembahasan dapat segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait agar kerja sama ini dapat berjalan dengan lebih konkret.

Pimpinan OPD diminta untuk berbagi peran dalam menentukan siapa, apa, bagaimana, dan kapan kesepakatan dalam Kesber tersebut akan ditindaklanjuti dengan Penjanjian Kerja Sama (PKS).

Dengan adanya kerja sama antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan IPB dalam bidang pendidikan dan penelitian, diharapkan akan terjadi sinergi yang positif antara kedua belah pihak dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sektor pertanian di daerah Gorontalo. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO