Scroll Untuk Tutup Iklan
Daerah

Tiba di Gorontalo, Ketua Umum PBNU di Sambut Upacara Adat Mopotilolo

142
×

Tiba di Gorontalo, Ketua Umum PBNU di Sambut Upacara Adat Mopotilolo

Sebarkan artikel ini
Prosesi adat Mopotilolo menyambut Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), K.H. Yahya Cholil Staquf berkunjung ke Provinisi Gorontalo, di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo, Kamis (4/5/2023). Foto – Haris

DIGIMEDIA.ID GORONTALO – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), K.H. Yahya Cholil Staquf, tiba di Provinsi Gorontalo dan disambut dengan upacara tradisional Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo pada Kamis (4/5/2023).

Mopotilolo adalah upacara tradisional di Gorontalo yang dilakukan untuk menyambut pejabat negara yang berkunjung ke Gorontalo untuk pertama kalinya. Upacara ini dilaksanakan oleh U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan lima desa adat Gorontalo).

K.H. Yahya Cholil Staquf tiba di Gorontalo sekitar pukul 15.20 menggunakan pesawat Jet tipe Embraer EMB-135BJ Legacy.

Rombongan disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Penjabat Sekdaprov Gorontalo, Syukri J. Botutihe, unsur Forkopimda, perwakilan pimpinan OPD, dan beberapa pengurus NU dari Provinsi Gorontalo.

Upacara Mopotilolo disertai dengan tabuhan genderang tradisional dan tarian perang Gorontalo, Longgo.

Setelah tiba di ruang VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan tradisional seperti makanan dan minuman.

Prosesi dilanjutkan dengan pembacaan petuah adat dan diakhiri dengan doa untuk keselamatan dan kesehatan Ketua PBNU beserta rombongan selama berada di Gorontalo.

“Penyambutan ini bagus, alhamdulillah. Terima kasih kepada gubernur beserta stafnya dan masyarakat Gorontalo,” ujar Ketua PBNU setelah upacara tradisional.

Kunjungan Ketua PBNU ke Provinsi Gorontalo dijadwalkan untuk melantik Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Gorontalo periode 2022-2027 di Hotel Grand Q Kota Gorontalo nanti malam.(Lita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO