Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Wabup Bone Bolango Sidak Puskesmas Toto Utara, Tegaskan Prioritas Pelayanan Masyarakat

243
×

Wabup Bone Bolango Sidak Puskesmas Toto Utara, Tegaskan Prioritas Pelayanan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Wabup Merlan S. Uloli saat melakukan Sidak di Puskesmas Toto Utara, Senin (31/7/2023). (F.AKP/Diskominfo)

DIGIMEDIA.ID – Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila pada Senin, 31 Juli 2023.

Sidak ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas keluhan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas tersebut.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Wabup Merlan mengungkapkan bahwa masyarakat telah mengeluhkan adanya jam pelayanan yang terbatas di Puskesmas Toto Utara. Jika masyarakat datang di atas jam 12 siang, mereka dilaporkan tidak dilayani.

“Saya datang ke sini karena ada keluhan dari masyarakat. Mereka mengadu bahwa di Puskesmas Toto Utara, jika datang setelah jam 12 siang, mereka tidak dilayani.

Saya sudah menyampaikan pengaduan ini kepada Kepala Dinas Kesehatan, dr. Meyrin Kadir,” ujar Wabup Merlan.

Wabup juga menyoroti bahwa terkadang kebijakan tersebut berkaitan dengan jam pendaftaran sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan pasien yang datang di luar jam pelayanan. Mereka mungkin mengalami kondisi darurat yang memerlukan pertolongan segera.

“Harapannya adalah jangan sampai ini terjadi lagi. Jika ada yang datang dalam kondisi sakit, meskipun melewati batas jam pelayanan, tetap harus melayani.

Kita tidak bisa menolak orang yang sakit. Jika kita menolak mereka, akan merusak citra kita sebagai pelayan masyarakat yang profesional,” tambahnya.

Wabup Merlan mengakui bahwa masalah serupa tidak hanya terjadi di Puskesmas Toto Utara, tetapi juga di beberapa Puskesmas lainnya.

Salah satu hambatan utama adalah kekurangan dokter di wilayah Bone Bolango, bahkan di Pinogu tidak memiliki dokter.

“Dalam hal ini, prioritas kita adalah melayani masyarakat. Jika ada kebijakan SOP yang mengatur jam pelayanan, mari kita mencari strategi agar tetap ada pelayanan meskipun dokter sudah berakhir jam kerjanya. Jangan menolak orang yang sakit. Baik siang, malam, atau waktu subuh, mereka harus dilayani,” tegas Wabup Merlan S. Uloli.(Juli)

Baca Juga  Berstandar Internasional, Stadion ini Jadi icon Baru Bone Bolango

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda