Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Sekjen UNESCO GGN Akan Tinjau Potensi Aspiring Geopark Gorontalo

166
×

Sekjen UNESCO GGN Akan Tinjau Potensi Aspiring Geopark Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Suasana Rapat lintas sektor, Senin (26/6/2023), dipimpin Penjabat Sekdaprov Gorontalo Budiyanto Sidiki. Rapat ini guna membahas kedatangan Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN) Guy Martini dijadwalkan akan berkunjung ke Gorontalo pada 7 – 13 Juli 2023. (Foto: Isam/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Guy Martini, Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN), dijadwalkan akan berkunjung ke Gorontalo pada tanggal 7 hingga 13 Juli 2023.

Rencana kunjungan ini telah disiapkan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) melalui rapat lintas sektor yang dilaksanakan hari ini.

Kunjungan Guy Martini ini bertujuan untuk melihat secara langsung situs-situs penting yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menjadi Geopark Gorontalo.

Harapannya, Guy Martini dapat memberikan masukan dan panduan perencanaan sehingga status “Aspiring Geopark” dapat segera ditingkatkan menjadi Geopark Nasional.

Beberapa destinasi yang direncanakan akan dikunjungi oleh Guy Martini antara lain hiu paus, Pantai Biluhu, taman laut Olele, dan geosite Botubarani.

Selain itu, ada pula pemandian air panas Lombongo, granodiorit desa Saripi, geosite Batu Gamping Merah, batu Gabto dan Pantai Bolihutuo, air terjun Tenilo Tilamuta, serta air panas Pentadio dan Danau Limboto.

“Karena melibatkan pemerintah kabupaten/kota, saya meminta agar koordinasi dilakukan dengan baik. Jika diperlukan dukungan dari kepala daerah, kami siap menyampaikan baik secara formal maupun non formal, baik dari saya kepada Pak Sekda maupun dari Pak Penjagub kepada Bupati dan Wali Kota,” ujar Penjabat Sekdaprov Budiyanto Sidiki saat memimpin rapat.

Peninjauan dan saran yang akan diberikan oleh Guy Martini memiliki peran penting dalam penyusunan rencana induk pengembangan Geopark Gorontalo yang saat ini sedang difasilitasi oleh Bappenas pada tahun 2023.

Jika perencanaannya selesai dan dinilai layak, Geopark Gorontalo akan ditetapkan sebagai Geopark Nasional sejajar dengan geopark lainnya di Indonesia.

“Sejak tahun 2021, kami telah berupaya mengembangkan Geopark Gorontalo ini. Kemarin-kemarin masih terkendala oleh pandemi COVID-19, sehingga saran dari Mr. Guy dilakukan secara daring.

Nah, ini adalah kesempatan bagus karena beliau sedang berada di Indonesia dan siap untuk berkunjung ke Gorontalo,” tambah mantan Kepala Bapppeda.

Kunjungan Guy Martini selama enam hari di Gorontalo tidak hanya melibatkan pemerintah kabupaten/kota, tetapi juga melibatkan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain Bapppeda yang terlibat dalam aspek perencanaan, kunjungan ini juga melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Statistik, Badan Kesbangpol, Dinas Naker, ESDM dan Transmigrasi, Biro Umum, serta Pusat Studi Geopark UNG. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO