Scroll Untuk Tutup Iklan
Kesehatan

Sebanyak 15 Puskesmas Jadi Lokasi Inisiasi Pengobatan Untuk TBC RO

399
×

Sebanyak 15 Puskesmas Jadi Lokasi Inisiasi Pengobatan Untuk TBC RO

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa memberikan sambutan pada Sosialisasi Awal Inisiasi Pengobatan TBC RO di Puskesmas.

DIGIMEDIA.ID – Dalam upaya meningkatkan akses pengobatan untuk Tuberculosis Resisten Obat (TBC RO), Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo telah memilih 15 Puskesmas sebagai lokasi inisiasi pengobatan.

Kegiatan ini merupakan respons terhadap tantangan geografis yang dihadapi pasien TBC RO, dimana jarak dan akses ke fasilitas kesehatan menjadi penghalang utama dalam memulai pengobatan.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Pada tahun 2023, program TBC nasional telah melaksanakan kegiatan piloting di Puskesmas untuk mendekatkan pelayanan kepada pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa, menekankan pentingnya edukasi bagi pasien dan keluarga tentang dampak serius resistensi obat jika tidak ditangani dengan tepat.

“Dengan pemahaman yang baik, diharapkan pasien akan memulai pengobatan, dan tugas kita adalah memastikan pengobatan berlangsung hingga sukses,” ujar Anang.

Di tahun 2024, inisiatif ini diperluas dengan penunjukan puskesmas di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, dan Boalemo.

“Setelah inisiasi, Dinas Kesehatan Provinsi akan mengawal proses ini di semua puskesmas, memastikan pasien yang resisten obat dapat segera memulai pengobatan,” tambah Anang.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat komitmen puskesmas terpilih dalam mengelola pasien TBC RO, serta memperkuat jejaring layanan TBC baik internal maupun eksternal.

Kerja sama dengan rumah sakit pengampu diharapkan dapat meningkatkan proporsi pasien yang memulai pengobatan TBC RO, mendekati target Enrollment Rate yang ditetapkan.

Puskesmas yang terlibat dalam inisiasi pengobatan TBC RO mencakup Limboto, Limboto Barat, Telaga, Tilango, dan Pulubala di Kabupaten Gorontalo;

Bonepantai, Kabila Bone, Suwawa, Dumbayabulan, dan Suwawa Tengah di Kabupaten Bone Bolango; serta Tilamuta, Mananggu, Paguyaman, Bongo II, dan Botumoito di Kabupaten Boalemo.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh pejabat kesehatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota, direktur rumah sakit pengampu, tim ahli klinis, dan kepala puskesmas dari 15 lokasi terpilih, menandai komitmen bersama dalam memerangi TBC RO di Gorontalo.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO