Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Kemenag Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Penceramah Agama

123
×

Kemenag Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Penceramah Agama

Sebarkan artikel ini
Arsip Kemenag Gorontalo

DIGIMEDIA.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo, H.M. Muflih B. Fattah, dalam sebuah pertemuan dengan para penceramah agama, menyampaikan komitmen Kemenag dalam menghadirkan dakwah yang moderat. Kemenag saat ini sedang berupaya dan berkonsentrasi penuh untuk meningkatkan kualitas Penceramah Agama serta materi dakwah yang menyejukkan.

Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil Kemenag Gorontalo menjelaskan bahwa upaya meningkatkan kompetensi penceramah agama dilakukan dengan memperkuat aspek wawasan kebangsaan, ke-Indonesian, dan Islam Rahmatan Alamin. Kemenag berupaya menyebarkan pesan-pesan keagamaan dengan narasi khutbah yang sesuai dengan kaidah dan temuan ilmiah terkini.

Menurut Kakanwil, Moderasi Beragama juga merupakan salah satu modal sosial bagi bangsa Indonesia. Dengan adanya moderasi beragama, masyarakat dapat memperoleh manfaat lebih besar dari iklim usaha yang sehat dan ramah investasi.

Lebih lanjut, moderasi beragama juga menjamin terpenuhinya hak umat beragama untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama dalam praktik ekonomi dan perilaku bisnis di Indonesia.

“Pengembangan ekonomi umat dan sumber daya keagamaan yang dikelola secara profesional dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat.

Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya keagamaan secara profesional, produktif, dan inklusif akan meningkatkan kesejahteraan umat serta berkontribusi bagi ekonomi nasional,” jelas Kakanwil saat membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi Penceramah Agama tingkat Provinsi Gorontalo, yang diadakan di Asrama Haji Gorontalo pada tanggal 6 Juli 2023.

Kakanwil berharap bahwa penceramah agama dapat menjadi obor penerang di tengah masyarakat. Ia percaya bahwa harmonisasi umat beragama dapat tercapai jika masyarakat dilindungi hak sipil dan hak beragamanya.

“Tokoh dan lembaga agama harus mampu memainkan peran penting dalam menjaga situasi yang kondusif bagi terciptanya kerukunan dan solidaritas sosial demi kemaslahatan bangsa. Sebagai penceramah atau dai, diharapkan kita dapat mengawal dan mencerahkan umat serta memberikan pemahaman melalui ceramah agama,” tutup Kakanwil.

Dengan semangat untuk memperkuat dakwah moderat dan mengedepankan harmoni antarumat beragama, Kemenag Gorontalo terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi penceramah agama dan menyebarkan pesan-pesan keagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan, Indonesia, dan Islam Rahmatan Alamin. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO