Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Sekdaprov Gorontalo Tekankan Pentingnya Penyelesaian Portal Gorontalo Satu Data

223
×

Sekdaprov Gorontalo Tekankan Pentingnya Penyelesaian Portal Gorontalo Satu Data

Sebarkan artikel ini
Illustrasi Server Data

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Budiyanto Sidiki, telah menegaskan urgensi penyelesaian pengembangan Portal Gorontalo Satu Data.

Pernyataan ini disampaikan dalam rapat lanjutan yang membahas pengembangan dan pemanfaatan Aplikasi Elektronik Gorontalo Satu Data (e-GSD). Di Ruang Rapat Bapppeda Provinsi pada hari Selasa (15/8/2023).

Budiyanto Sidiki menyatakan, PR utama yang harus kita selesaikan adalah memiliki portal satu data yang terintegrasi dengan portal serupa di tingkat nasional.

Saat ini, kita mengambil data dari sumber data sektoral, karena hingga saat ini, kita masih termasuk provinsi yang dievaluasi dalam setiap Rakornas karena belum memiliki portal satu data.

Untuk mempercepat penyelesaian e-GSD, Budiyanto mengusulkan penggabungan data makro dan mikro yang dipublikasikan ke dalam data sektoral.

Menurutnya, kendala utama dalam penciptaan satu data adalah beragamnya platform berbasis data mikro yang bisa saja dimasukkan dalam data sektoral secara bersamaan, tanpa perlu dibagi-bagi.

Ia menjelaskan, Bahwa semua platform yang ada saat ini menghasilkan data berdasarkan nama dan alamat.

Data yang dihasilkan seperti ini sebenarnya sangat layak untuk dikelola sebagai data sektor. Namun, masalahnya adalah menentukan platform mana yang akan kita gunakan, karena setiap platform menghasilkan data yang berbeda.”

Budiyanto juga menyoroti bahwa perbedaan dalam data mengindikasikan perbedaan dalam proses pengumpulan data. Hal ini bisa saja terjadi karena perbedaan dalam proses operasional yang digunakan.

“Perbedaan data ini menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam proses pengumpulan data, meskipun enumerator data sektornya sama.

Ini mengisyaratkan adanya variasi dalam tahapan awal pengumpulan data. Padahal, seharusnya ada konsistensi,” paparnya.

Pada akhirnya, Budiyanto berharap agar Gorontalo segera menyelesaikan pembangunan portal satu data yang nantinya akan terhubung dengan Portal Satu Data Indonesia (SDI). Dalam rapat tersebut, ia ditemani oleh Kepala Bapppeda dan Kepala Diskominfotik Provinsi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO