Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Gorontalo Ditargetkan Masuk Geopark Nasional 2024

129
×

Gorontalo Ditargetkan Masuk Geopark Nasional 2024

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Jenderal Global Geopark Network (GGN) Guy Martini melihat dari dekat fosil kayu di Desa Tohupo, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo. Ia terkesan ada fosil kayu yang tertanam di dasar tanah dan nampak setelah tergerus aliran sungai. (Foto: Isam/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Provinsi Gorontalo telah menetapkan target untuk masuk ke dalam jaringan geopark nasional pada tahun 2024.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Sekretaris Jenderal Global Geopark Network (GGN), Guy Martini, yang telah melakukan kunjungan asistensi selama enam hari di Gorontalo, telah menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Guy Martini, dalam pemaparan hasil misi asistensi yang dilakukan di Aula Rujab Gubernur, Kota Gorontalo, menyampaikan kekagumannya terhadap Gorontalo yang memiliki warisan biologi yang luar biasa, menceritakan sejarah bumi Gorontalo dari 53 ribu tahun yang lalu hingga saat ini.

Provinsi ini memiliki banyak area konservasi yang mempertahankan keaslian warisan alamnya.

Dalam penjelasannya, Guy Martini menjelaskan beberapa tahapan dalam rencana jangka pendek yang telah disusun bersama tim geopark.

Tahapannya dimulai dari menentukan rute geopark pada bulan Agustus, persiapan anggaran oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk melakukan inventarisasi, serta menyiapkan dana untuk studi ilmiah.

Sementara itu, rencana jangka panjang akan dimulai dengan menentukan situs-situs yang akan diajukan, menentukan rute, membangun infrastruktur, dan persiapan dana. Selain itu, pembentukan tim juga perlu dimulai pada tahun 2023 dengan target penyelesaian pada tahun 2024.

Guy Martini menekankan bahwa penundaan dalam rencana ini akan berdampak pada pengajuan masuk ke geopark nasional. Jika terjadi penundaan, maka proses pengajuan harus dimulai kembali dari awal setelah satu tahun.

Sebelum melaksanakan seluruh rencana tindakan ini, Guy Martini menekankan pentingnya mencari nilai geosite internasional di Gorontalo melalui studi kebumian dan menemukan publikasi internasional yang terkait dengan cerita geologi pembentukan bumi Gorontalo.

Menanggapi rencana tindakan ini, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, menyatakan bahwa pemerintah provinsi akan mendorong percepatan pengajuan masuk ke geopark nasional dengan membentuk lembaga koordinatif yang melibatkan kabupaten/kota.

Ia juga berencana segera mengadakan pertemuan dengan kabupaten/kota yang memiliki geosite untuk membahas persiapan yang harus dilakukan.

“Geosite di Gorontalo memiliki keunikan, beberapa di antaranya lebih spesifik di satu kabupaten. Beberapa situs menjadi kewenangan kabupaten/kota, oleh karena itu diperlukan tim yang kuat untuk berkoordinasi dan didukung oleh tim kerja dalam menyusun persiapan yang diperlukan untuk mencapai target pada bulan September 2023,” jelas Budiyanto.

Dengan upaya yang dipercepat dan kerja sama yang baik, diharapkan Provinsi Gorontalo dapat segera memperoleh pengakuan sebagai geopark nasional.

Hal ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi pelestarian warisan alam dan kekayaan geologis Gorontalo serta meningkatkan pariwisata dan pembangunan ekonomi di daerah tersebut. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO