DIGIMEDIA.ID – Mitsubishi XForce telah menjadi senjata terbaru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam segmen sport utility vehicle (SUV).
Bahkan, sejak pertama kali diperkenalkan di peluncuran global saat GIIAS 2023 pada bulan Agustus lalu, model baru ini telah mendapatkan lebih dari 2.000 pemesanan di seluruh Indonesia.
Menurut Direktur Divisi Penjualan & Pemasaran PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida, dari total pesanan Mitsubishi XForce, varian tertinggi yang dikenal dengan nama Ultimate mendominasi penjualan.
“Saat ini, Mitsubishi XForce telah mencapai 2.000 pemesanan, dan sekitar 95 persen dari pesanan tersebut adalah varian Ultimate. Ini adalah hal yang wajar untuk mobil baru yang baru saja diluncurkan,” jelas Tsuchida saat ditemui di Bali pada Kamis (28/9/2023).
Tsuchida juga menambahkan bahwa perbedaan yang signifikan dalam penjualan antara varian Ultimate dan Exceed tidak menjadi masalah bagi merek asal Jepang ini.
Sebab, dalam beberapa periode setelah peluncuran, akan terlihat komposisi penjualan yang lebih seimbang untuk model tertentu.
“Saar ini, kita memang lebih menonjolkan varian tertinggi (Ultimate),” tambah Tsuchida.
Dia juga memberi contoh dengan mengacu pada pengalaman dengan model lainnya, yaitu Mitsubishi Xpander, di mana varian yang tidak tertinggi biasanya akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar setelah satu tahun peluncuran.
Meskipun demikian, Tsuchida mengingatkan bahwa tidak ada aturan pasti dalam hal ini, dan semuanya tergantung pada model mobil yang dipasarkan.
“Pengalaman dengan Xpander biasanya menunjukkan bahwa selama tahun pertama, varian tertinggi tetap yang paling laris. Jadi, semuanya tergantung pada modelnya,” pungkasnya.(*)