Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Musim Kemarau, Dorong Kenaikan Harga Beras di Gorontalo

3024
×

Musim Kemarau, Dorong Kenaikan Harga Beras di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Illustrasi

DIGIMEDIA.ID – Harga beras di Provinsi Gorontalo mengalami lonjakan cukup tinggi. Dari sebelumnya sekitar Rp550 ribu per koli atau 50 kilogram, kini telah naik menjadi Rp650 ribu per koli.

Kenaikan harga beras ini disebabkan oleh musim kemarau panjang yang melanda. Petani terpaksa menaikkan harga beras mereka karena produksi padi yang mereka hasilkan mengalami penurunan signifikan.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Sangat disayangkan kami harus menaikkan harga beras untuk mengatasi biaya BBM yang semakin tinggi yang kami keluarkan. Para petani harus bersaing untuk mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka,” ungkap Usman.

“Padi yang baru kami tanam baru berumur 1 bulan dan masih membutuhkan banyak air. Jika pasokan air tidak mencukupi, hasil panen akan berkurang,” tambahnya.

Seorang pedagang Gorontalo, yaya juga mengatakan bahwa harga beras saat ini telah mencapai sekitar Rp650 ribu per koli. Kenaikan harga ini telah terjadi sejak pekan lalu.

“Harga beras naik, Alhamdulillah, sementara permintaan tetap tinggi, Mungkin karena musim kemarau jadi ada kelangkaan beras,” ungkap pedagang tersebut.

Jika permintaan terus tinggi atau bahkan meningkat, sementara produksi padi terus menurun akibat kemarau, maka tekanan pada pasokan beras dapat menyebabkan peningkatan harga yang lebih lanjut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO