Scroll Untuk Tutup Iklan
Tahukah Kamu

Fakta Menarik: Amerika Serikat dan Rusia Hanya Terpisah 8,3 Km

638
×

Fakta Menarik: Amerika Serikat dan Rusia Hanya Terpisah 8,3 Km

Sebarkan artikel ini
AS dan Rusia

DIGIMEDIA.ID – Amerika Serikat dan Rusia adalah dua negara adidaya yang kerap bersaing dalam berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, hingga teknologi.

Kedua negara ini pernah terlibat dalam Perang Dingin yang membelah dunia menjadi dua blok, barat dan timur.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Namun, tahukah Anda bahwa Amerika Serikat dan Rusia sebenarnya adalah negara tetangga yang hanya terpisah oleh selat selebar 8,3 km?

Selat yang memisahkan kedua negara ini adalah Selat Bering, yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Laut Bering.

Selat Bering terdiri dari dua bagian, yaitu Selat Bering Utara dan Selat Bering Selatan.

Di antara kedua selat ini terdapat dua pulau kecil, yaitu Pulau Big Diomede yang termasuk wilayah Rusia, dan Pulau Little Diomede yang termasuk wilayah Amerika Serikat.

Pulau Big Diomede memiliki luas sekitar 29 km persegi, sedangkan Pulau Little Diomede memiliki luas sekitar 7 km persegi.

Jarak antara kedua pulau ini hanya sekitar 4 km, sehingga pada hari yang cerah, penduduk Pulau Little Diomede dapat melihat Pulau Big Diomede dari jendela rumah mereka.

Selain jarak yang dekat, kedua pulau ini juga memiliki perbedaan waktu yang cukup besar, yaitu 21 jam.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan zona waktu antara Rusia dan Amerika Serikat, serta adanya International Date Line yang membagi dunia menjadi dua belahan, timur dan barat.

Oleh karena itu, Pulau Big Diomede disebut juga sebagai Pulau Esok Hari, sedangkan Pulau Little Diomede disebut juga sebagai Pulau Kemarin.

Meskipun berdekatan, hubungan antara kedua pulau ini tidak begitu erat. Sejak Perang Dingin, Rusia menutup akses ke Pulau Big Diomede dan memindahkan penduduknya ke daratan utama.

Baca Juga  Jadi James Bond Indonesia, Apa Saja Tantangannya?

Saat ini, Pulau Big Diomede hanya dihuni oleh sekitar 600 tentara Rusia. Sementara itu, Pulau Little Diomede dihuni oleh sekitar 170 orang, yang kebanyakan adalah keturunan suku Inuit, yang merupakan penduduk asli daerah Arktik.

Kedua pulau ini juga memiliki kondisi geografis yang berbeda. Pulau Big Diomede memiliki bentang alam yang berbukit-bukit dan ditutupi oleh salju sepanjang tahun.

Pulau ini tidak memiliki pepohonan atau tanaman lainnya. Sedangkan Pulau Little Diomede memiliki dataran yang lebih rendah dan memiliki sedikit vegetasi. Pulau ini juga memiliki sebuah helipad dan sebuah sekolah.

Meski berbeda dalam banyak hal, kedua pulau ini tetap menjadi bukti bahwa Amerika Serikat dan Rusia adalah negara tetangga yang saling berhadapan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda