Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Desa Paris Mootilango Menjadi Desa Pertama dalam Implementasi Aplikasi Data Warehouse Village Hasil Prodak Sistem Informasi UMGO

256
×

Desa Paris Mootilango Menjadi Desa Pertama dalam Implementasi Aplikasi Data Warehouse Village Hasil Prodak Sistem Informasi UMGO

Sebarkan artikel ini

DIGIMEDIA.ID – Peran serta Program Studi Sistem Informasi sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri Swasta terbaik di Gorontalo adalah terus melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya melalui percepatan program desa digital.

Program ini didesain dengan penerapan iptek dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat ataupun penerintah desa oleh para dosen di Prodi SI UMGO, sebagai wujud implementasi salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi, terutama dharma pengabdian kepada masyarakat, dengan memberi motivasi, meningkatkan pengetahuan serta merubah perilaku guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh oleh mahasiswa di ruang perkuliahan.

Data Warehouse Village, merupakan hasil karya mahasiswa On The Job Training angkat II di Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo dan telah berhasil dikembangkan oleh OJT angkatan III di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo berdasarkan hasil observasi dan kebutuhan dari Desa ataupun masyarakat.

Aplikasi ini juga telah memiliki HAKI dari Kemenkumham, adapun beberapa modul yang telah dikembangkan mahasiswa diantaranya, profil desa, data bantuan, surat-menyurat,aset desa, peta pnyebaran penduduk layanan mandiri dan layan kesehatan dan lainnya.

Hal ini dikemukan oleh Kaprodi Sistem Informasi, Wahyudin Hasyim, M.Kom., saat Demo aplikasi Data Warehouse Village di Desa Paris, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Rabu, 6 September 2023.

“Terkait pelayanan data warehouse village ini adalah salah satu tindak lanjuti kami dari prodi Sistem Informasi dari program On The Job Training kemarin, yang berfokus dalam membangun desa khususnya dalam percepatan desa digital. Dan di Desa Paris sudah memasuki tahap implementasi sistem setelah beberapa bulan lalu kita melakukan MoU bersama beberapa desa lainnya,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Paris, desa yang pertama dalam implementasi aplikasi karya mahasiswa ini.

“Kami dari prodi SI pasti tidak akan lepas begini saja tentu akan ada komunikasi lanjutsn baik dalam peningkatan sdm dan maintenance pada sistem ini. Terima kasih juga atas kepercayaannya kepada kami, Alhamdulillah ketercapaian IKU dalam membangun desa sudah masuk pada tahap ini kami juga butuh masukan bapak-ibu terkait pengembangan sistem ini,” tandasnya.

Demo website Desa dilakukan di Aula Kantor Desa Paris, dihadiri oleh Kepala Desa Paris, Agus berserta perangkat desa setempat. Dari Prodi Sistem Informasi UMGO turut hadir Kaprodi Sistem Informasi,
Wahyudin Hasyim, M.Kom, Dosen SI, Alter Lasarudin, M.Kom., alumni mahasiswa UMGO selaku pengembang aplikasi date warehouse village, Khairul Fathan Habie, S.Kom.

Agus, selaku Kepala Desa Paris meyampaikan apresiasi kepada Sistem Informasi UMGO telah memfasilitasi Desa Paris untuk penerapan aplikasi yang menurutnya sangat membantu desa khususnya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami cukup berterimakasih kepada tim dari prodi SI terkait dengan tindak lanjut dengan program yang sudah direncanakan pada tahun kemarin dan sudah fasilitasi menjadi desa digital, melalui pengembangan Website Desa. Alhamdulillah dari 5 desa yang berkomitmen menerapkan aplikasi ini, Desa Paris menjadi desa yang dieksekusi pertama semoga desa Paris ini menjadi desa pioner di Kecamatan Mootilango,” kata dia.

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan semata-mata untuk membantu pekerjaan perangkat Desa dalam hal pelayanan masyarakat agar lebih mudah dan efisien.

“Kami paham betul membuat suatu sistem tentu memiliki budget yang besar tapi Alhamdulillah deri pihak UMGO khususnya SI berbaik hati khususnya kepada masyarakat Desa paris, Insha Allah kebaikan dari bapak-ibu sekalian memperoleh pahala dari Allah SWT dan bermanfaat bagi kami pemerintah desa dan masyarakat,” tutupnya. (Lita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO