Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Asesmen Lapangan PGSD UMGO Oleh LAMDIK, Tingkatkan Mutu Akademik

1105
×

Asesmen Lapangan PGSD UMGO Oleh LAMDIK, Tingkatkan Mutu Akademik

Sebarkan artikel ini
Program Studi PGSD UMGO Laksanakan Asemen Lapangan oleh LAMDIK

DIGIMEDIA.ID – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) baru saja menjalani Asesmen Lapangan (AL) yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) pada tanggal 5-6 Juli 2024.

Kegiatan asesmen yang berlangsung di Gedung LPPM UMGO ini diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat struktural, termasuk Wakil Rektor II Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, Kepala LP3M UMGO, Kepala Biro Umum dan Keuangan UMGO, Ramlah Alkatiri, M.Si., Kepala UPT Perpustakaan, satgas akreditasi PGSD, para dekan, kaprodi, dan dosen FKIP, serta tim asesor LAMDIK yang terdiri dari Dr. Muh. Faisal, M.Pd., dan Dr. Siti Lailiyah, M.Si.

Dalam pengantar yang disampaikan oleh Dekan FKIP, Dr. Abd. Hamid Isa, AL ini dianggap sebagai momentum penting untuk meningkatkan mutu akademik.

“Kami atas nama keluarga besar FKIP mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para asesor. Pelaksanaan AL ini sangat dinantikan karena bertujuan meningkatkan mutu, terlebih kepercayaan masyarakat terhadap PGSD terus meningkat, terlihat dari jumlah calon mahasiswa baru yang memilih PGSD hingga mencapai enam kelas”.

“Kami berharap AL ini akan semakin memperkuat kepercayaan tersebut dan meningkatkan kualifikasi akreditasi kami. Kami siap melaksanakan AL dengan berbagai persiapan laporan evaluasi diri, LKPSA, dan dokumen pendukung lainnya,” ujarnya.

Wakil Rektor I, Prof. Moon Otoluwa, dalam sambutannya berharap AL ini akan menghasilkan banyak saran dan masukan yang dapat membuat PGSD semakin maju dan dipercaya oleh masyarakat.

“Meskipun tim task force PGSD sedikit tegang, mereka siap mengetahui kekurangan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Kami berharap para asesor dapat memberikan arahan dan pembinaan agar kualitas kami tetap terjaga dan hasil AL nanti sesuai dengan harapan kita semua,” tandasnya.

Sementara itu, Dr. Muh. Faisal, M.Pd., dari tim asesor LAMDIK, mengapresiasi sambutan luar biasa dari UMGO.

“Kami disambut dengan sangat baik, mulai dari rektor hingga pejabat paling bawah. Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan ini dan berharap AL dapat berjalan lancar sesuai jadwal, atau jika ada perubahan, kita bisa menyesuaikan bersama,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa kedatangan tim asesor adalah bagian dari proses akreditasi yang salah satunya adalah asesmen lapangan.

“Kami datang untuk menilai dan menentukan status mutu prodi PGSD, namun yang paling penting adalah memberikan motivasi dan dorongan kepada prodi untuk terus meningkatkan, mengembangkan, dan mempertahankan mutu yang tinggi,” tambahnya.

Asesor LAMDIK lainnya, Dr. Siti Lailiyah, M.Si., menambahkan bahwa sebelum datang ke UMGO, mereka sudah menilai dokumen yang dikirim oleh tim task force ke LAMDIK.

“Kedatangan kami untuk memverifikasi dan memvalidasi data yang sudah dikirimkan, apakah sesuai atau tidak. Jangan takut, hasilnya bisa meningkatkan atau menurunkan nilai, tergantung kelengkapan data. Jika ingin naik, data-data yang kurang lengkap harus ditambahkan,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO