Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Pohuwato

Renovasi Tak Layak, Kantor Bupati Pohuwato Bakal dibangun Ulang

252
×

Renovasi Tak Layak, Kantor Bupati Pohuwato Bakal dibangun Ulang

Sebarkan artikel ini
Kantor Bupati Pohuwato yang hangus terbakar, Capture Video AndalanIDN.

DIGIMEDIA.ID – Kantor Bupati Pohuwato, Provinsi Gorontalo, menghadapi kondisi yang tidak memungkinkan untuk direhabilitasi setelah mengalami kebakaran pada Kamis, 21 September 2023, yang menyebabkan kerusakan konstruksi yang parah.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pohuwato, Risdiyanto Mokodompit, kebakaran tersebut membuat beton kantor tersebut mengalami pembengkakan yang signifikan, dan hal ini membuat renovasi menjadi tidak layak dilakukan.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Harus dibangun baru, karena konstruksinya sudah terjadi pembengkakan pada beton, karena panas kan, jadi sudah retak,” ungkap Risdiyanto, dilansir dari Tribun.

Sejumlah bagian bahkan mengalami keretakan yang parah, sehingga tidak memungkinkan bangunan ini bisa ditempati kembali sebagai pusat pemerintahan daerah Kabupaten Pohuwato.

Dibandingkan dengan rehabilitasi, membangun bangunan baru justru dianggap lebih ekonomis. Selain itu, rehabilitasi juga melibatkan tahapan pengupasan beton yang rumit.

Selain masalah ekonomis, masalah keamanan juga menjadi pertimbangan penting. Tidak ada jaminan keamanan bangunan jika hanya direhabilitasi, terutama bagi para pekerja yang akan bekerja di dalamnya.

Secara konstruksi, jalur kelistrikan di kantor bupati terletak di dalam beton bangunan. Dikhawatirkan bahwa jika hanya direhabilitasi, ini akan menjadi masalah baru yang serius.

“(Makanya) kita harus bongkar semua beton dindingnya,” kata Risdiyanto.

Selain itu, rencana pembangunan baru akan mengadopsi desain yang lebih modern, dan dari segi konstruksi, akan lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, meskipun rencana pembangunan baru telah diumumkan, masih belum ada kepastian mengenai waktu pelaksanaan pembangunan serta sumber dana yang akan digunakan.

Kantor Bupati Pohuwato akan dibangun kembali dengan anggaran yang jauh lebih besar dibandingkan saat pertama kali dibangun pada tahun 2004.

Anggaran untuk pembangunan tahun ini mencapai 35-40 miliar, seiring dengan kenaikan harga bahan bangunan.

Saat ini, belum ada kepastian kapan pemerintahan Saipul Mbuinga akan dapat kembali berkantor di lokasi tersebut, terutama karena mereka hanya memiliki waktu beberapa bulan sebelum masa jabatan mereka berakhir.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO