Scroll Untuk Tutup Iklan
Kesehatan

Pramuka Gorontalo Gelar Sosialisasi Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat

272
×

Pramuka Gorontalo Gelar Sosialisasi Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Gema Paraleptik Bagi Pramuka Penggalang dan Penegak oleh Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Kabupaten Gorontalo.(Foto Istimewa)

DIGIMEDIA.ID – Saka Bakti Husada, sebuah unit kegiatan di bawah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Gorontalo, melaksanakan Sosialisasi Gerakan Bersama Pramuka Relawan Pemantau Jentik (Gema Pareleptik) bagi peserta Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak Camp Area.

Acara sosialisasi ini berlangsung pada Minggu (18/06/2023) di Kelurahan Pentadio Resort, kecamatan Telaga Biru.

Antusiasme peserta camp terlihat saat mengikuti sosialisasi ini. Selain menjalankan tugas pokoknya dalam pendidikan kepramukaan, Gerakan Pramuka juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, dalam sosialisasi kali ini, fokus utamanya adalah mencegah penularan penyakit berbahaya seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pramuka diharapkan dapat melakukan pemantauan di lingkungan sekitar, terutama di lingkungan sekolah tempat anak-anak Pramuka belajar.

Ivon Riyanto Abdullah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo yang juga sebagai Pinsaka SBH Cabang Kabupaten Gorontalo, menjelaskan pentingnya peran Pramuka dalam menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Ivon berharap melalui sosialisasi ini, peserta camp area Pramuka Penggalang dan Penegak dapat menyebarkan informasi kepada teman-teman mereka di sekolah tentang pentingnya pemantauan terhadap jentik-jentik yang bisa membahayakan kesehatan.

Gerakan ini menerapkan perilaku hidup sehat 3M Plus, yaitu menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas, serta mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk.

Dengan demikian, diharapkan gerakan bersama ini dapat mencegah penularan penyakit demam berdarah.

Sosialisasi Gema Pareleptik ini memberikan wawasan dan keterampilan kepada para peserta Pramuka dalam menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan, dan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit.

Diharapkan bahwa peserta sosialisasi ini akan menjadi duta-duta kebersihan dan kesehatan yang aktif menyebarkan informasi kepada teman-teman mereka, serta menjadi pelopor perilaku hidup sehat dalam masyarakat. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO