Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Plt. Bupati Merlan Ingatkan FKUB Waspadai Isu-Isu yang Berpotensi merusak Kerukunan Beragama

460
×

Plt. Bupati Merlan Ingatkan FKUB Waspadai Isu-Isu yang Berpotensi merusak Kerukunan Beragama

Sebarkan artikel ini
Plt. Bupati Merlan S. Uloli saat memberikan materi peran pemerintah dalam memelihara toleransi umat beragama di Bone Bolango pada kegiatan sosialisasi dan evaluasi kerukunan umat beragama, di Hotel Yulia Kota Gorontalo, Kamis (09/11/2023). (F.AKP)

DIGIMEDIA.ID – Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, mengingatkan kepada pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bone Bolango untuk senantiasa mewaspadai isu-isu yang dapat merusak kerukunan beragama.

Hal itu disampaikannya saat memberikan materi peran pemerintah dalam memelihara toleransi umat beragama di Kabupaten Bone Bolango, di Hotel Yulia Kota Gorontalo, Kamis (09/11/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Merlan menyampaikan hal ini saat memberikan materi peran pemerintah dalam memelihara toleransi umat beragama di Kabupaten Bone Bolango pada kegiatan sosialisasi dan evaluasi kerukunan umat beragama,-

Menurut Plt. Bupati, ada beberapa isu yang harus diwaspadai dan disikapi secara bijak untuk menjaga kerukunan beragama, yaitu pendirian rumah ibadah,-

Politik agama, aliaran keagamaan bermasalah dan aliran kepercayaan, radikalisme, potensi konflik sosial, ujaran kebencian (hate speech) melalui media, dan berita bohong (hoax)/adu domba masyarakat.

“Isu-isu ini harus kita waspadai dan sikapi dengan baik, jangan sampai kita terprovokasi karena sekarang ini penyebaran lewat media sosial sangat cepat..”

“Kita harus menjaga kerukunan ini. Kalau kita semua rukun, Insya Allah gesekan-gesekan kecil bisa kita atasi. Jadi, mari kita jaga keharmonisan ini, jangan sampai ada gesekan,”ujar Plt. Bupati.

Plt. Bupati mengakui bahwa memang ada sumber konflik yang perlu dikelola dengan baik, dan FKUB harus berperan aktif untuk mencegah hal-hal tersebut menimbulkan gesekan.

Jika sumber konflik ini tidak dijaga dan diatur dengan baik, maka gesekan-gesekan kecil ini bisa menjadi besar.

“Oleh karena itu, mari kita masing-masing mengambil peran untuk menangkal isu-isu yang ada, jangan sampai menyebar di masyarakat..”

“Tentu dengan melakukan sosialisasi, pendekatan, evaluasi, diskusi, dan melaporkan jika ada gesekan sedikit, jangan menunggu sampai ada goncangan yang besar,”tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO