Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Perguruan Tinggi Sebagai Jembatan Menuju Wirausaha Sukses

1246
×

Perguruan Tinggi Sebagai Jembatan Menuju Wirausaha Sukses

Sebarkan artikel ini
Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki

DIGIMEDIA.ID – Perguruan tinggi tidak sekadar lembaga pendidikan yang menghasilkan individu berilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi katalisator kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Sebuah peran yang semakin penting dalam upaya Indonesia mencapai status negara maju pada tahun 2045 dengan memperluas jumlah wirausaha yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Upaya pemerintah untuk memajukan kewirausahaan di perguruan tinggi terwujud melalui inisiatif Entrepreneur Hub, sebuah program yang bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dalam kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM.

Program ini bertujuan untuk mengubah kampus-kampus menjadi lumbung wirausaha, dengan menyediakan fasilitas, panduan, serta akses ke sumber pembiayaan bagi mahasiswa yang memiliki ide bisnis yang berpotensi.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, merincikan keberhasilan program Entrepreneur Hub, dengan pencapaian lebih dari 500 startup yang digagas oleh para mahasiswa, menarik minat investor asing.

“Kita juga patut berbangga karena sudah ada 500 startup dari anak muda yang terhubung lewat program @ehub.go.id. Jadi ayo berwirausaha karena berwirausaha itu mudah,” Tulis diakun Instagramnya, Sabtu (14/10/2023).

Selain itu, program ini menjalin kerja sama dengan Kementerian yang berfokus pada UKM di Korea Selatan, membantu memfasilitasi kemudahan bagi calon wirausaha Indonesia.

Selain upaya ini, pendidikan kewirausahaan juga menjadi fokus utama di banyak perguruan tinggi di Indonesia, dengan tujuan menghasilkan lulusan yang dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan wirausaha.

Pendekatan ini didorong oleh pemahaman bahwa kewirausahaan bukanlah bakat bawaan, melainkan keterampilan yang dapat dipelajari dan diajarkan.

Perguruan tinggi juga memiliki peran penting dalam memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mendukung ekonomi rakyat dan perkembangan Usaha Kecil Mikro (UKM).

Dengan demikian, perguruan tinggi tidak hanya menjadi tempat mencari pengetahuan semata, tetapi juga menjadi pusat penciptaan nilai tambah untuk produk dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus menjadi motor penggerak kemakmuran bagi para wirausahawan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO