Scroll Untuk Tutup Iklan
Daerah

Panen Raya di Pohuwato, Bupati Saipul Undang Menteri Pertanian

757
×

Panen Raya di Pohuwato, Bupati Saipul Undang Menteri Pertanian

Sebarkan artikel ini
Bupati Saipul Mbuinga bersama Bupati Nelson Pomalingo saat berfoto dengan Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P,di ruang kerja Menteri Pertanian RI, Jum’at, (17/05/2024).

DIGIMEDIA.ID – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, telah mengundang Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, untuk menyaksikan langsung lahan pertanian padi sawah di Kabupaten Pohuwato, khususnya di Kecamatan Randangan.

Selain itu, Menteri Pertanian juga diundang untuk menghadiri acara panen raya padi sawah yang akan diadakan pada minggu keempat bulan Mei di Desa Padengo, Kecamatan Duhiadaa.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Saipul Mbuinga, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi, di ruang kerja Menteri Pertanian RI pada Jumat, 17 Mei 2024.

Dalam undangannya, Bupati Saipul menyatakan bahwa kegiatan panen raya ini merupakan bentuk rasa syukur atas hasil panen dan apresiasi kepada para petani yang telah bekerja keras dalam mengelola pertanian di daerah tersebut.

“Kami berharap kehadiran Bapak Menteri dapat memberikan semangat dan motivasi lebih kepada para petani di Pohuwato, serta memberikan dukungan langsung terhadap program-program peningkatan hasil pertanian di daerah kami,” ujar Saipul.

Bupati Saipul juga mengangkat isu terkait Bendung Randangan yang belum optimal karena belum memiliki saluran pembuang.

Bendung yang dibangun pada tahun 2016 ini seharusnya bisa mengairi sekitar 9.000 hektare lahan, namun saat ini baru sekitar 400 hektare yang bisa ditanami dengan memanfaatkan saluran alami.

“Jika saluran pembuang dibangun, potensi lahan seluas 8.000 hektare lebih bisa dimanfaatkan, Hanya saja permasalahannya terletak pada saluran pembuang yang belum terbangun,” jelas Saipul.

Bupati berharap agar permasalahan Bendung Randangan mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian dan bisa ditinjau langsung.

Bendung Randangan yang dibangun pada tahun 2016 ini melibatkan kewenangan pemerintah pusat atas sekitar 8.096,8 hektare di Randangan.

Selain peninjauan Bendung Randangan, Bupati juga berharap Menteri Pertanian dapat melakukan panen raya padi sawah pada areal 1.200 hektare lahan padi sawah di Kecamatan Duhiadaa pada akhir Mei nanti.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, merespons dan menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk terus mendukung daerah-daerah yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.

“Kami juga berterima kasih atas undangan dari Kabupaten Pohuwato. Semoga saja pada panen raya itu kami bisa hadir, sehingga bisa melihat langsung hasil pertanian khususnya di sektor padi sawah yang ada di Kabupaten Pohuwato. Terkait Bendung Randangan, kami akan segera berkoordinasi dengan Menteri PUPR,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO