Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Kepala BPS Gorontalo Terangkan Pentingnya PES ST2023 dalam Perjalanan Sensus Penduduk

272
×

Kepala BPS Gorontalo Terangkan Pentingnya PES ST2023 dalam Perjalanan Sensus Penduduk

Sebarkan artikel ini
Pelatihan petugas Post Enumeration Survey (PES) Sensus Pertanian 2023 (ST2023) BPS Prov Gorontalo, Foto: Poniran Kai.

DIGIMEDIA.ID – Hotel Citimall Kota Gorontalo menjadi tempat pelaksanaan Gelombang Kedua Pendataan Sensus Penduduk 2023 (ST2023) pada tanggal 4 hingga 7 Agustus 2023.

Diikuti oleh 37 peserta dari Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo Utara, yang aktif berpartisipasi dalam pendataan penduduk di wilayah mereka.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Mukhanif, mengungkapkan bahwa PES ST2023 (Pendataan Elektronik Sensus) merupakan salah satu tahapan penting dalam perjalanan pelaksanaan ST2023.

Hasil dari PES ini nantinya akan digunakan untuk menghitung besaran undercoverage, yaitu data yang tidak terdata dengan baik atau hilang, yang muncul dari pelaksanaan lapangan ST2023 selama bulan Juni-Juli 2023.

Mukhanif juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh petugas lapangan, baik pencacah maupun pengawas pendataan ST2023, yang telah berhasil menyelesaikan pendataan dengan tepat waktu (BPS).

Dia menekankan pentingnya perbaikan dalam monitoring dan pelaporan lapangan dari para petugas yang harus dilakukan secara real-time. Dengan demikian, progress dan evaluasi periodik setiap kegiatan pendataan dapat berjalan lebih akurat dan reliable.

Pendataan Sensus Penduduk 2023 ini menjadi tugas bersama bagi masyarakat dan pemerintah untuk memastikan keakuratan dan kebenaran data penduduk.

Semoga dengan partisipasi aktif para peserta dan perbaikan yang dilakukan, Sensus Penduduk 2023 di Provinsi Gorontalo dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai jumlah dan karakteristik penduduk(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO