Scroll Untuk Tutup Iklan
Teknologi

Intel Perkenalkan Thunderbolt 5, Bandwidth 120 Gbps!

379
×

Intel Perkenalkan Thunderbolt 5, Bandwidth 120 Gbps!

Sebarkan artikel ini
Illustrasi

DIGIMEDIA.ID – Intel telah mengumumkan standar baru, Thunderbolt 5, yang menawarkan bandwidth luar biasa mencapai 120 Gbps, menggandakan kecepatan dari generasi sebelumnya yang hanya 40 Gbps.

ecepatan ini terutama berasal dari peningkatan jumlah jalur PCIe dalam Thunderbolt 5, dua kali lebih banyak daripada pendahulunya.

Selain itu, daya yang dapat disalurkan melalui Thunderbolt 5 juga telah meningkat menjadi 240W.

Meskipun dalam konfigurasi standar, Thunderbolt 5 menawarkan bandwidth 80 Gbps dengan menggunakan dua jalur PCIe.

Tetapi ketika diperlukan bandwidth lebih besar, seperti untuk monitor dengan resolusi tinggi, Thunderbolt 5 dapat menyediakan tambahan 40 Gbps menggunakan tiga dari empat jalur PCIe-nya.

Dengan kecepatan sebesar itu, Thunderbolt 5 memiliki potensi untuk mendukung hingga tiga monitor 4K/144Hz secara bersamaan atau satu monitor dengan refresh rate luar biasa hingga 540Hz. Ini merupakan kemajuan yang signifikan dalam konektivitas komputer.

Selain itu, Thunderbolt 5 juga memberikan fleksibilitas yang luar biasa karena memungkinkan laptop gaming untuk mengisi dayanya melalui port USB-C yang mendukung Thunderbolt 5, sehingga tidak lagi memerlukan port khusus untuk pengisian daya.

Jason Ziller, GM untuk Client Connectivity Division di Intel, menyatakan, “Thunderbolt 5 menyediakan performa yang memimpin industri dan kemampuan untuk menghubungkan komputer ke monitor, docking, storage, dan lainnya.”

Yang menarik, Thunderbolt 5 tetap mendukung standardisasi yang sudah ada, seperti USB4 V2, DisplayPort 2.1, PCI Express Gen 4, dan tentunya juga mendukung standar pendahulunya. Ini memastikan kompatibilitas yang luas dengan perangkat yang sudah ada.

Meskipun Thunderbolt 5 merupakan inovasi yang mengesankan, Intel tetap mempertahankan Thunderbolt 4 untuk pengguna yang tidak memerlukan bandwidth sebesar itu.

Thunderbolt 5 juga tidak akan menjadi bagian dari prosesor Intel generasi ke-14; sebaliknya, ia memerlukan chip khusus terpisah bernama Barlow Ridge.

Rencananya, perangkat pertama dengan Thunderbolt 5 baru akan dirilis pada tahun 2024 mendatang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO