Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Yudisium FIS UMGO, Dekan: 62% Alumni Sebelumnya Telah Bekerja

566
×

Yudisium FIS UMGO, Dekan: 62% Alumni Sebelumnya Telah Bekerja

Sebarkan artikel ini
Gelar Yudisium, 69 Peserta Ikuti Prosesi Yudisium Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DIGIMEDIA.ID – Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) telah menggelar yudisium, di Gedung Indoor David Bobihoe Akib, Selasa, 3 Juni 2024.

Yudisium ini diikuti oleh 69 calon wisudawan dari program studi Administrasi Publik, prodi Akuntansi, prodi Ekonomi Pembangunan, prodi Sastra Arab, prodi Satra Inggris, prodi Pariwisata dan prodi Hukum.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Dekan FIS UMGO, Dr. Firyal Akbar, dalam sambutannya mengungkapkan data terkait dengan penyerapan lulusan FIS UMGO di dunia kerja.

“Sebanyak 62% alumni FIS telah berhasil terserap di pasar kerja, baik di sektor pemerintah maupun swasta,” ujarnya.

Pencapaian ini cukup mengesankan jika disandingkan dengan data terbaru dari BPS Provinsi Gorontalo mengenai Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk usia 15-24 tahun, yakni sebesar 3,06% pada Agustus 2023.

Memang, FIS kian tahun terus menunjukkan perkembangan melalui peningkatan kualitas dan mutu baik di Fakultas dan Prodi, dan hal ini bisa dilihat dari Indikator Kinerja Utama yang terus meningkat.

Diantara itu para pengajar di FIS UMGO telah berhasil mempublikasikan sejumlah artikel ilmiah di jurnal-jurnal bereputasi.

“dan untuk prestasi lainnya khususnya kualitas dosen-dosen di FIS telah melahirkan artikel yang telah terbit di jurnal-jurnal bereputasi,” kata firyal.

Hal ini juga didukung dengan Keberhasilan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Program Mahasiswa Mengabdi (PMM), yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan di luar kampus, termasuk PMM 6, di mana mahasiswa FIS menjadi peserta PMM outbound di beberapa wilayah Indonesia.

“Kegiatan mahasiswa di luar kampus, seperti MBKM dan PMM, telah menunjukkan hasil yang membanggakan,” kata firyal.

Lebih lanjut, Selain menjalankan program MBKM dan PMM, FIS UMGO tengah berencana mengirimkan mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Malaysia.

“Alhamdulillah FIS di bulan Agustus mendatang akan memberangkatkan mahasiswanya untuk KKN Internasional di Malaysia,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMGO, Prof. Kadim Masaong menekankan pentingnya menjadi alumni yang produktif dan mampu menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama masa kuliah.

“Seorang alumni bukan hanya sekedar lulus dan memperoleh gelar sarjana, melainkan harus menjadi alumni yang produktif.”

Ia juga menyampaikan kebanggaan terhadap prestasi akademik mahasiswa.

“Saya bangga ada yang mencapai IPK 3,92, hampir mengalahkan IPK Rektor. Namun, kita harus memahami bahwa tidak ada korelasi langsung antara IPK dengan kesuksesan seseorang,” jelasnya.

“IPK yang tinggi harus dibarengi dengan soft skill, hard skill, dan kemampuan komunikasi yang baik untuk mempermudah meraih kesuksesan,” tutup Prof. Kadim.

Selain dihadiri Rektor UMGO, Prof. Kadim Masaong dan Dekan FIS, Dr. Muh. Firyal Akbar, Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Rektor I, Prof. Moon Otoluwa, Wakil Rektor II Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ramlah Alkatiri, M.Si., Ketua LP2M UMGO, Indri Afriani Yasin Ph.D., Kepala LP3M UMGO, Dr. Thamrin Kum, , para dekan, kepala-kepala UPT dan biro, kaprodi di lingkup FIS serta Dosen, dan peserta yudisium bersama orang tua.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO