Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

STQH Gorontalo Dimulai, 81 Qari Qariah Bersaing di 20 cabang musabaqah

102
×

STQH Gorontalo Dimulai, 81 Qari Qariah Bersaing di 20 cabang musabaqah

Sebarkan artikel ini
Penjagub Ismail Pakaya melantik dewan hakim yang akan bertugas pada STQH tingkat Provinsi Gorontalo di Asrama Haji Kota Gorontalo, Rabu (12/7/2023). (Foto: Haris/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) tingkat Provinsi Gorontalo telah dimulai dengan kehadiran 81 qari qariah yang mewakili enam kafilah kabupaten/kota.

Acara pembukaan STQH tersebut dilakukan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, di Asrama Haji Kota Gorontalo pada hari Rabu (12/7/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Penjagub Ismail menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan STQH tahun ini adalah agar nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dapat lebih tertanam dalam pikiran masyarakat Gorontalo.

Ia juga menekankan pentingnya pemahaman dan implementasi ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya sekadar menghafal dan melantunkannya.

Al-Qur’an memiliki kedudukan yang sangat penting dalam membimbing kehidupan umat Islam, terutama di Provinsi Gorontalo yang memiliki semboyan “Adat Bersendikan Sara dan Sara Bersendikan Kitabullah.”

Ismail menjelaskan bahwa semboyan ini mengandung makna bahwa Al-Qur’an harus menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

“Al-Qur’an harus menjadi acuan dalam membentuk karakter masyarakat yang kuat dalam menghadapi tantangan, ujian, dan cobaan. Semoga STQH ini menjadi suara dan lambang untuk membumikan Al-Qur’an di Gorontalo,” tambahnya.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, dalam laporannya mengungkapkan bahwa 81 qari dan qariah tersebut akan berkompetisi dalam 20 cabang musabaqah, baik untuk putra maupun putri. Cabang lomba dalam STQH tahun 2023 meliputi tilawah, hifzil, tafsir, dan hadis.

Budiyanto berharap agar STQH tahun ini mendapatkan ridha Allah Swt dan mampu melahirkan qari dan qariah berprestasi yang akan mewakili Gorontalo pada STQH tingkat nasional di Jambi.

Dengan semangat kompetisi dan semangat memperkokoh pemahaman Al-Qur’an, para peserta STQH siap mempertunjukkan keahlian mereka dalam membaca, menghafal, menginterpretasikan, dan memahami pesan-pesan suci Al-Qur’an serta hadis.

Baca Juga  224 PPPK Kanwil Kemenag Gorontalo terima SK pengangkatan, ini Pesan Muflih

Semoga acara ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat kedalaman spiritual dan pengetahuan keagamaan di Gorontalo. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda