Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Pj. Bupati Boalemo Resmikan Gilingan Padi Modern, Dorong Produksi Beras Premium

456
×

Pj. Bupati Boalemo Resmikan Gilingan Padi Modern, Dorong Produksi Beras Premium

Sebarkan artikel ini
Penjabat Bupati Boalemo Dr.Sherman Moridu,S.Pd,MM meresmikan pemanfaatan gilingan Padi Kelompok Tani Karya Mulia I didesa Kaaruyan Kec.Mananggu, Selasa 1/8/2023. Arsip Boalemo

DIGIMEDIA.ID Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Sherman Moridu, S.Pd, MM, secara resmi meresmikan pemanfaatan gilingan padi milik Kelompok Tani Karya Mulia I di Desa Kaaruyan, Kecamatan Mananggu. Selasa, 1 Agustus 2023

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Sherman Moridu, S.Pd, MM, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo yang telah menginisiasi program bantuan gilingan padi bagi masyarakat Desa Ka’aruyan.

Ia menyatakan bahwa inisiatif ini menjadi semangat bagi mereka, terutama karena sebelumnya mereka tidak menyangka bahwa di Kecamatan Mananggu masih terdapat luas sawah kurang lebih 200 hektar. Diharapkan luas sawah ini tidak akan dimanfaatkan sebagai lahan bangunan di masa depan.

Dr. Sherman Moridu juga menegaskan bahwa gilingan padi modern ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Boalemo dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan kualitas beras lokal Boalemo, serta Provinsi Gorontalo secara keseluruhan, yang sebelumnya kalah bersaing dengan beras dari daerah lain.

Gilingan padi modern ini didesain dengan teknologi canggih dan dilengkapi dengan Husker, polisher, separator, rice grader elevator, serta memiliki kapasitas giling sekitar 1,1 ton gabah per jam.

Hal ini memungkinkan produksi beras dengan kualitas tinggi, yaitu beras premium. Diharapkan, kehadiran gilingan padi modern ini akan memotivasi para petani untuk lebih bersemangat dalam memproduksi padi berkualitas tinggi, yang pada akhirnya akan menghasilkan beras premium.

Perlu diingat, sebelumnya pada bulan Januari tahun 2022, Kabupaten Boalemo telah menerima bantuan dari Provinsi untuk pembangunan gilingan padi di Desa Suka Maju, Kecamatan Wonosari.

Dan kini, kesuksesan proyek ini membawa berkah bagi masyarakat Desa Ka’aruyan, yang mendapatkan manfaat dari pemanfaatan gilingan padi modern yang lebih canggih.

Semoga kehadiran gilingan padi modern ini akan memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat setempat, serta dapat memperkuat produksi beras premium dari Boalemo, yang akan menjadi kebanggaan daerah dalam persaingan di pasar lokal maupun nasional.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO