Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga, Pemprov Gorontalo Luncurkan Gerakan Pangan Murah

141
×

Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga, Pemprov Gorontalo Luncurkan Gerakan Pangan Murah

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama Kepala Dinas Pangan Ramdan Pade meninjau langsung gelaran Gerakan Pangan Murah, di Lapangan Tamulabutao, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo, Senin (16/10/2023). (Foto : Mila)

DIGIMEDIA.ID – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia dan menghadapi tantangan kenaikan harga pangan, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo mengadakan Gerakan Pangan Murah di Lapangan Tamulabutao, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo, Senin (16/10/2024).

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Ramdan Pade, menjelaskan bahwa kenaikan harga pangan yang signifikan terjadi pada beberapa komoditas, sebagian disebabkan oleh fenomena El Nino.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, Sesuai arahan Mendagri, pengendalian harga pangan di setiap daerah adalah keharusan agar masyarakat tidak terkena dampak gejolak harga.

“Sesuai arahan Mendagri juga perlu usaha pengendalian harga pangan di setiap daerah agar tidak terjadi gejolak di masyarakat,” ungkap Ramdan.

Gerakan Pangan Murah ini melibatkan sejumlah peserta dagang, termasuk Perum Bulog, Pabrik Gula Gorontalo, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), pengusaha ayam potong, dan toko retail.

Mereka menawarkan komoditas pangan dengan harga distributor dan diskon khusus. Misalnya, beras SPHP dijual seharga Rp10.200 per liter, minyak goreng seharga Rp12.500 per kilogram, telur seharga Rp1.700 per butir, dan gula pasir seharga Rp13.500 per kilogram.

Selain itu, cabai dijual seharga Rp70.000 per kilogram, sementara bawang merah, bawang putih, dan tomat masing-masing dihargai sekitar Rp22.000, Rp.34.000, dan Rp4.000 per kilogram.

Ramdan juga mengungkapkan bahwa ada subsidi transportasi yang diberikan untuk menjaga harga pangan tetap terjangkau.

Subsidi ini penting, karena biaya transportasi dapat mempengaruhi harga komoditas. Dengan adanya subsidi ini, komoditas pangan bisa dijual dengan harga di bawah pasaran.

Selain di Lapangan Tamulabutao, Gerakan Pangan Murah juga diselenggarakan secara serentak di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Gerakan Pangan Murah ini juga tersedia dalam format online dan dibuka oleh Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia.

Beberapa lokasi lain yang mengadakan Gerakan Pangan Murah termasuk Lapangan Padebuolo Kota Gorontalo, Halaman Kantor Bupati Gorontalo, Alun-Alun Tilamuta Boalemo, Kompleks Wisata Pohon Cinta Pohuwato, Halaman Dinas Ketahanan Pangan Bone Bolango, dan Halaman Kantor Camat Kwandang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO