Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Ismail Pakaya Buka Seminar APPSI, Kenalkan Falsafah Gorontalo

615
×

Ismail Pakaya Buka Seminar APPSI, Kenalkan Falsafah Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan seluruh Peserta seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin, (27/11/2023).

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya membuka seminar nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin, (27/11/2023).

Pada kesempatan itu, Ismail memperkenalkan falsafah Gorontalo yang terkenal dengan “Adat Bersendikan Syara’, Syara Bersendikan Kitabullah”.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Dalam sambutannya, Ismail memperkenalkan falsafah Gorontalo yang terkenal dengan “Adat Bersendikan Syara’, Syara Bersendikan Kitabullah”.

Falsafah ini memiliki arti “Hukum adat berdasarkan hukum agama, hukum agama berdasarkan Alquran”.

Ismail mengatakan bahwa falsafah ini mirip dengan yang ada di Sumatra Barat dan diajarkan kepada masyarakat Gorontalo sejak dahulu.

“Saya tidak tahu, kenapa falsafahnya hampir sama dengan Sumatra Barat. Tapi memang sejarahnya, falsafah ini diajarkan kepada kami sebagai masyarakat Gorontalo..”

“Semoga, selama berada di Gorontalo, para peserta seminar mendapatkan kesan yang baik dan menyenangkan,” harap Ismail.

Selain falsafah, Ismail juga mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Gorontalo, yang dikenal sebagai bumi Serambi Madinah.

Ia mengajak para peserta untuk menikmati waktu mereka di Gorontalo dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata, seperti Wisata Hiu Paus, Taman Laut Olele, Pentadio Resort, Lombongo, dan Benteng Otanaha.

“Kami mengajak Bapak-ibu setelah seminar ini, jika belum pernah melihat Hiu Paus, kami punya lokasi Wisata Hiu Paus yang bisa melihat Hiu Pausnya secara dekat. Hanya 10-15 meter dari tepi pantai,” katanya.

“Bukan cuman itu, kami juga punya wisata lainnya, seperti pemandian air panas di Pentadio Resort dan Lombongo..”

“Bahkan ada obyek wisata bersejarah yaitu Benteng Otanaha peninggalan bangsa Portugis. Dan itu bagus sekali dikunjungi,” tambahnya.

Seminar APPSI ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum APPSI, Al Haris melalui zoom meeting. Dewan Pakar APPSI Ryaas Rasyid, para gubernur atau perwakilan dari tiap provinsi,-

Penjabat Sekdaprov dari tiap provinsi, para asisten, staf ahli, dan pimpinan OPD, forkopimda, serta pimpinan instansi vertikal yang ada di lingkup Provinsi Gorontalo.

Seminar ini bertujuan untuk membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan pemerintahan daerah, seperti otonomi daerah, desentralisasi fiskal, dan reformasi birokrasi.

Seminar ini juga menjadi ajang silaturahmi dan kerjasama antara pemerintah provinsi se-Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO