Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Pohuwato

Iskandar Datau: PPID Penting untuk Pemerintahan Terbuka dan Akuntabel

151
×

Iskandar Datau: PPID Penting untuk Pemerintahan Terbuka dan Akuntabel

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato Iskandar Datau bersama Kepala Dinas Kominfotik Pemprov Gorontalo Rifli Katili pada bimbingan teknis bagi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi organisasi perangkat daerah (OPD) di aula Panua, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Rabu (2/8/2023).

DIGIMEDIA.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato, Iskandar Datau, menekankan pentingnya eksistensi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) dalam mendorong pemerintahan yang terbuka, transparan, dan akuntabel.

Hal ini diungkapkan pada acara bimbingan teknis bagi pejabat PPID di aula Panua, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan Diskominfotik Provinsi Gorontalo untuk menggairahkan semangat pelayanan informasi publik di tingkat pemerintah daerah.

PPID Pohuwato yang sempat vakum beberapa tahun lalu, mendapat pendampingan dari Pemerintah Provinsi untuk hasil “monitoring” dan evaluasi yang lebih baik.

Pembenahan dilakukan mulai dari penunjukan PPID di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) hingga menyusun daftar informasi publik dan informasi yang dikecualikan melalui uji konsekuensi.

Iskandar Datau menyampaikan terima kasih kepada pihak terkait karena eksistensi PPID menjadi penting dalam mendorong pemerintahan yang lebih terbuka dan transparan.

Iskandar juga menyoroti pentingnya hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik sebagai ciri utama negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

PPID diharapkan dapat mengimplementasikan undang-undang keterbukaan informasi publik dengan efektif untuk memenuhi hak-hak publik akan informasi berkualitas.

Pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato berharap agar seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sebagai langkah menuju pemerintahan yang lebih terbuka, transparan, dan akuntabel.

Sebelumnya, Kadis Kominfo-St Kabupaten Pohuwato, Kadir Amran, melaporkan kewajiban penunjukan PPID sesuai amanat undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Iskandar Datau menegaskan bahwa ketidaktransparanan dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat menyebabkan masyarakat menjadi pasif, melakukan unjuk rasa, dan merasa tidak berdaya terhadap kebijakan pemerintah.

Oleh karena itu, kehadiran PPID menjadi penting untuk memastikan masyarakat dapat mengakses informasi secara lengkap dan jujur.(*)

Baca Juga  Pemda Pohuwato Gelar Pelatihan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Se-Provinsi Gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda