Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Dokumen Rencana Kerja Program FOLU Net Sink 2030 Segera Tuntas

192
×

Dokumen Rencana Kerja Program FOLU Net Sink 2030 Segera Tuntas

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Energi Winarni Monoarfa bersama tim saat bertemu dengan Penjabat Gubernur Ismail Pakaya, di Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (24/6/2023). (Foto: Fadil/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Penyusunan dokumen rencana kerja untuk mendukung program Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net Sink 2030 oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo hampir rampung.

Hal ini diungkapkan oleh Winarni Monoarfa, Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Energi, saat bertemu dengan Penjabat Gubernur Ismail Pakaya di Rumah Jabatan Gubernur pada Sabtu (24/6/2023).

Winarni mengungkapkan bahwa penyusunan dokumen tersebut hampir selesai, dengan progres mencapai 80 persen. Penjabat Gubernur Ismail Pakaya juga telah membaca secara ringkas dokumen tersebut, terutama dalam hal daftar rencana kerja.

Pernyataan dari Winarni ini mendapat sambutan baik dari Penjabat Gubernur Ismail Pakaya yang baru menjabat sejak 12 Mei. Setelah membaca dokumen tersebut, Penjabat Gubernur meminta agar dijadwalkan pertemuan selanjutnya untuk melihat kembali dokumen rencana kerja tersebut.

Winarni mengatakan bahwa Penjabat Gubernur memberikan respons yang sangat positif. Penjabat Gubernur juga menyampaikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) agar diadakan pertemuan lainnya untuk melihat kembali dokumen rencana kerja tersebut, sehingga semua usulan dapat diakomodir, termasuk dalam hal dukungan anggaran.

Sebagai perwakilan tim penyusun dokumen rencana kerja FOLU Net Sink, Abdul Samad Hiola, yang hadir bersama dengan mantan Sekdaprov Gorontalo, mengungkapkan bahwa yang tersisa dalam proses penyusunan dokumen adalah pelaksanaan workshop ketiga yang akan dilakukan di Jakarta pada awal Juli mendatang.

Sebelum dokumen tersebut dibawa ke Jakarta, perlu dilakukan pembahasan internal terlebih dahulu. Setelah pertemuan hari ini, dokumen yang telah diserahkan akan diverifikasi oleh tim di daerah untuk revisi dan penambahan jika diperlukan.

Tim penyusun dokumen rencana kerja terdiri dari akademisi, termasuk Taufiq Trihermawan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Tenaga Ahli Nasional, Abdul Samad Hiola dari Universitas Gorontalo (UG) dan Iswan Dunggio dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai Tenaga Ahli Lokal.

Dengan mendekati penyelesaian dokumen rencana kerja ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung program FOLU Net Sink 2030 yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan dalam penggunaan lahan dan kehutanan. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO