Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Pohuwato

Pemkab Pohuwato dan Pemkot Manado Teken MoU, Jaga Stabilitas Harga Pangan

392
×

Pemkab Pohuwato dan Pemkot Manado Teken MoU, Jaga Stabilitas Harga Pangan

Sebarkan artikel ini
Arsip Prokopim Pohuwato

DIGIMEDIA.ID – Dalam upaya mendukung kolaborasi dan sinergi antar pihak untuk menjaga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan komoditas, Pemerintah Kabupaten Pohuwato dan Pemerintah Kota Manado telah menjalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) Government to Government (G2G) dan Kerjasama Antar Daerah Business to Business (B2B) dalam pengendalian inflasi.

Seremonial penandatanganan Kerjasama Antar Daerah (KAD) ini menjadi bagian dari acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Gorontalo Tahun 2023, yang juga disertai dengan Launching Car Free Day (CFD) di lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Suwartono Hulawa, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, yang mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato, Iskandar Datau, menyampaikan bahwa tujuan dari kerjasama ini adalah untuk menciptakan payung hukum dalam pengendalian inflasi antar kedua daerah.

Kota Manado dipilih sebagai mitra kerjasama yang sangat tepat karena merupakan pasar hasil pertanian dengan tingkat konsumsi yang tinggi di wilayah Sulawesi Utara.

PD Pasar Manado saat ini sedang mempersiapkan coolstories dengan kapasitas 19 ton khusus untuk tanaman cabe, bawang, dan tomat.

Dengan fasilitas ini, petani di Kabupaten Pohuwato akan dapat memasok kebutuhan bahan pangan ke Kota Manado.

“MoU ini akan diikuti dengan perjanjian kerja sama (PKS) antara PD Pasar Manado dan perangkat daerah, serta kelompok tani di Kabupaten Pohuwato sebagai pemasok bahan pangan,” ungkap Suwartono Hulawa.

Dengan kerjasama antar daerah ini, diharapkan petani di Pohuwato akan mendapatkan harga sesuai harga transaksi pasar (HTP) yang stabil.

Hal ini merupakan langkah positif dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan di wilayah tersebut.

Baca Juga  Ahli Kemenkes RI Sebut Pohuwato Bebas Malaria, Suharsi: Pemerintahan SMS Fokus pada Kesehatan

Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pohuwato dan Pemerintah Kota Manado ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, terutama petani di daerah tersebut.

Dengan sinergi dan kolaborasi antar daerah, langkah nyata dalam pengendalian inflasi pangan dapat dicapai, meningkatkan kesejahteraan petani, serta menjaga keterjangkauan harga pangan bagi masyarakat luas. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *