Scroll Untuk Tutup Iklan
Tahukah Kamu

Tahukah Kamu? Ada Fitur Windows yang belum diperbaharui selama 30 Tahun ini

1082
×

Tahukah Kamu? Ada Fitur Windows yang belum diperbaharui selama 30 Tahun ini

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Windows 11.(Windows Report)

DIGIMEDIA.ID – 30 Tahun Silam, di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, Amerika Serikat, seorang pengembang software bernama Dave Plummer melaporkan sejumlah kode untuk sebuah dialog box yang sedang ia garap.

Dialog box ini semestinya hanya dipakai sementara di Windows, sehingga Plummer tidak merasa perlu memberikan fitur yang kompleks atau mendandani tampilannya dengan desain yang menarik.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Namun, ternyata dialog box buatannya ini hingga kini belum diperbarui oleh Microsoft dan masih memiliki tampilan yang sama di Windows 11,

Merujuk pada The Verge. dialog box yang dimaksud adalah fitur untuk mem-format drive.

Plummer menceritakan bagaimana fitur ini tercipta dan mengapa hingga 30 tahun kemudian, solusi sementara bikinannya masih digunakan.

Pada saat itu, tim pengembang memporting bajilion barisan kode dari tampilan antarmuka Windows 95 ke Windows NT.

Fitur Format adalah salah satu tempat di mana Windows NT berbeda dari Windows 95, sehingga mereka harus membuat tampilan antarmuka khusus.

Plummer mengambil selembar kertas dan menuliskan semua opsi dan pilihan yang bisa diambil untuk memformat disk, seperti filesystem, label, ukuran cluster, kompresi, enkripsi, dan lain sebagainya.

Kemudian, dia membuat tampilan antarmuka yang sangat mendasar dan ditambahkan ke kode Windows NT sebagai solusi sementara sampai tampilan antarmuka yang lebih baik selesai dibuat.

Sayangnya, peningkatan tampilan antarmuka tersebut tak pernah terjadi. Solusi sementara bikinan Plummer ini masih dipakai di Windows 11 hingga saat ini.

Tidak hanya tampilan yang sangat sederhana, tetapi keterbatasan fitur Format juga merupakan andil dari Plummer. Ia adalah salah satu penyebab mengapa kapasitas partisi FAT maksimal hanya 32GB.

Plummer harus memutuskan seberapa besar “cluster slack” yang terlalu banyak, dan semua itu menyebabkan keterbatasan ukuran format untuk volume FAT menjadi 32GB.

Baca Juga  Tahukah Kamu Kapan Touchscreen Pertama Kali Digunakan?

Batasan ini merupakan pilihan sepihak yang diambil pada pagi itu, dan kemudian menjadi efek samping yang permanen.

Sebagai informasi, meskipun FAT sebenarnya mendukung volume hingga 2TB, pengguna perlu menggunakan software buatan pihak ketiga di Windows untuk membuat partisi dengan ukuran lebih besar ini, meski sebenarnya Windows bisa mengenali FAT dengan ukuran yang lebih besar.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda