Scroll Untuk Tutup Iklan
Nasional

Survei PUSAD UM Surabaya, Prabowo-Gibran Unggul Tipis Atas Ganjar-Mahfud di Jatim

3788
×

Survei PUSAD UM Surabaya, Prabowo-Gibran Unggul Tipis Atas Ganjar-Mahfud di Jatim

Sebarkan artikel ini
Direktur PUSAD UM Surabaya saat memaparkan (Humas)

DIGIMEDIA.ID – Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat dukungan tertinggi dari pemilih muda di Jawa Timur untuk Pilpres 2024.

Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).

Menurut peneliti utama PUSAD UMSurabaya, Radius Setiyawan, Prabowo-Gibran unggul tipis atas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan selisih 4%.

“Prabowo-Gibran unggul versi pemilih muda disusul pasangan Ganjar-Machfud dengan selisih yang tidak signifikan (4%) dan ada 10% pemilih muda di Jawa Timur belum menentukan pilihan soal Pilpres 2024,” kata Radius dalam rilis survei di UMSurabaya, Jumat (27/10/23).

Radius menjelaskan, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 1075 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Responden adalah pemilih yang berusia 17-40 tahun sesuai data KPU Jatim tahun 2024. Margin of error survei ini adalah 3% dengan tingkat kepercayaan 95%.

“Proses wawancara dilakukan secara by phone menggunakan kuesioner oleh enumerator,” ujarnya. Radius berharap hasil survei ini dapat menjadi barometer mengawal jalannya demokrasi yang luber dan jurdil di Indonesia.

Survei PUSAD UMSurabaya dilakukan pada periode 14-22 Oktober 2023. Hasil survei ini juga dibahas dalam diskusi publik yang menghadirkan sejumlah tokoh, seperti Juliana Evawati (Anggota DPRD Kota Surabaya/Politisi Muda PAN), Zahlul Yussar (Kader Partai Demokrat dan salah satu anggota DPRD paling muda di Indonesia), dan Satria Unggul Wicaksana (Direktur PUSAD UMSurabaya).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO