Scroll Untuk Tutup Iklan
Tahukah Kamu

Santap Daging di Hari Natal dan Tahun Baru, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi 

1266
×

Santap Daging di Hari Natal dan Tahun Baru, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi 

Sebarkan artikel ini
Pengidap kolesterol tidak boleh makan apa saja? (Foto: Thinkstock)

DIGIMEDIA.ID – Hari Natal dan Tahun Baru biasanya identik dengan menyantap berbagai hidangan daging, baik panggang, bakar, maupun goreng.

Meski daging merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Kolesterol adalah zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol baik dapat membantu melindungi jantung, sedangkan kolesterol jahat dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi usai menyantap daging adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Berikut ini adalah 10 makanan penurun kolesterol tinggi yang dapat Anda coba:

Kacang-kacangan. Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, kacang tanah, dan kacang merah, mengandung serat, protein, dan lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan dua ons kacang-kacangan dalam sehari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar lima persen.

Kedelai. Kedelai dan produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai, mengandung protein nabati yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Sebuah analisis menunjukkan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar lima hingga enam persen.

Minyak nabati. Minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak bunga matahari, dan minyak wijen, mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Mengganti mentega atau lemak hewani dengan minyak nabati saat memasak dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga  Tahukah Kamu Kapan Touchscreen Pertama Kali Digunakan?

Alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung. Alpukat juga mengandung serat, antioksidan, dan fitosterol yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan alpukat sehari ke diet sehat jantung dapat menurunkan kolesterol jahat pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengikat kolesterol jahat di usus dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Serat larut juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Serat larut juga ditemukan dalam makanan lain, seperti kacang merah, kubis, apel, dan pir.

Mengonsumsi 5-10 gram serat larut dalam sehari dapat menurunkan kolesterol jahat.

Buah berry. Buah berry, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry, mengandung antioksidan yang disebut antosianin.

Antosianin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Antosianin juga dapat membantu melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Mengonsumsi buah berry segar atau jus buah berry tanpa gula dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Bawang putih. Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah menurunkan kolesterol jahat. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut alicin, yang dapat membantu menghambat sintesis kolesterol di hati.

Bawang putih juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah.

Mengonsumsi satu siung bawang putih mentah sehari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Itulah 7 makanan penurun kolesterol tinggi yang dapat Anda konsumsi usai menyantap daging di Hari Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, Anda juga perlu mengurangi asupan lemak jenuh, gula, dan garam, serta meningkatkan aktivitas fisik.***

Baca Juga  Fakta Menarik: Amerika Serikat dan Rusia Hanya Terpisah 8,3 Km

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda