Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Ratusan Warga Padati Lapangan Taruna Remaja Meriahkan Car Free Day

131
×

Ratusan Warga Padati Lapangan Taruna Remaja Meriahkan Car Free Day

Sebarkan artikel ini
Penjagub Ismail Pakaya didampingi sejumlah Forkopimda saat melepas balon udara sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan Car Free Day di Lapangan Taruna Remaja, Minggu (23/7/2023). (Foto : Haris/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Pagi ini, ratusan warga memadati Lapangan Taruna Remaja untuk menyambut pelaksanaan Car Free Day (CFD) perdana di Kota Gorontalo.

Acara ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan lingkungan kota yang sehat dan ramah lingkungan. Pencanangan CFD ini dilakukan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, dan diintegrasikan dengan peluncuran Gerakan Nasional Peningkatan Indeks Pembangunan (GNPIP) serta pembagian simbolis bendera merah putih.

Kegiatan CFD diawali dengan jalan sehat yang diikuti oleh Penjabat Gubernur Ismail, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan pejabat instansi vertikal.

Momentous CFD ini menjadi yang pertama kalinya diadakan secara rutin seminggu sekali di Kota Gorontalo setelah lebih dari 10 tahun lamanya.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Ismail mengungkapkan bahwa ide untuk mengadakan Car Free Day ini berasal dari Kapolda Gorontalo.

Acara serupa memang pernah diadakan pada masa wali kota sebelumnya, yaitu Adhan Dambea, namun sempat berhenti dan kini dihidupkan kembali sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan dan perekonomian masyarakat.

“Car Free Day ini saya sampaikan pada bapak ibu sekalian, adalah ide dan saran dari Pak Kapolda Gorontalo. Sudah pernah dilakukan di zaman wali kota Pak Adhan Dambea, kemudian berhenti dan kita akan mulai lagi pada minggu hari ini,” kata Penjagub Ismail dalam sambutannya.

Selain untuk meningkatkan kesehatan tubuh melalui kegiatan olahraga, CFD juga diharapkan dapat berdampak positif pada perekonomian masyarakat.

Diharapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan mendapatkan pasar baru untuk produk mereka, mengingat antusiasme warga yang memadati CFD setiap minggu.

“Diharapkan para UMKM di sekitar Kota Gorontalo atau dari mana saja bisa mendapatkan pasar yang baru. Terutama bagi masyarakat yang ikut Car Free Day,” imbuhnya.

Sesuai dengan konsep Car Free Day, jalan-jalan di sekitar Lapangan Taruna Remaja hingga perempatan Kantor Wali Kota ditutup untuk umum. Warga pun bebas memilih jenis olahraga yang diminati, seperti berlari, bersepeda, atau hanya bersantai bersama keluarga.

Halaman Rumah Dinas Gubernur juga dibuka untuk umum, dan lapangan gateball di depan rumah dinas dimanfaatkan oleh warga untuk bermain pukul bola dengan tongkat.

CFD akan diadakan setiap Minggu pagi mulai pukul 06.00 WITA hingga 10.00 WITA, dan akan rutin digelar setiap minggu. Pekan depan, pelaku UMKM akan diberikan izin berjualan di seputar rute CFD dengan imbauan untuk menjaga kebersihan tempat.

Semoga dengan pelaksanaan CFD yang rutin ini, masyarakat Kota Gorontalo dapat lebih peduli terhadap kesehatan dan perekonomian mereka, serta semakin tercipta lingkungan yang sehat dan ramah lingkungan di kota ini. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO