Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Prosesi Adat Mopotilolo, Penjabat Gubernur Gorontalo Lanjutkan Tradisi di Kabupaten Bone Bolango

73
×

Prosesi Adat Mopotilolo, Penjabat Gubernur Gorontalo Lanjutkan Tradisi di Kabupaten Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat menerima penyerahan persembahan adat pada prosesi upacara adat Mopotilolo, bertempat di di Yiladia Bandayo Daa (Rumah Dinas Bupati) Bone Bolango, Jumat (26/5/2023). (Foto : Mila)

DIGIMEDIA.ID- Prosesi upacara adat mopotilolo Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, berlanjut di Kabupaten Bone Bolango.

Didampingi oleh istri, Fima Agustina, tradisi mopotilolo yang menjadi bagian penting dalam adat Gorontalo dilaksanakan di Yiladia Bandayo Daa (Rumah Dinas Bupati) Bone Bolango pada Jumat (26/5/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Dengan mengenakan takowa dan galenggo hijau, Penjagub Ismail beserta istri disambut dengan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi oleh tabuhan genderang saat mereka memasuki halaman Rumah Dinas Bupati. Kemudian, mereka melangkah melalui tangga adat untuk melanjutkan prosesi selanjutnya.

“Saya telah menerima prosesi adat ini di empat daerah, pertama di Kabupaten Gorontalo, kemudian di Boalemo dan Pohuwato.

Hari ini kami berada di Bone Bolango, dan setelah ini, saya akan menerima prosesi adat di Gorontalo Utara,” ungkap Ismail.

Seperti yang biasa dilakukan dalam prosesi mopotilolo sebelumnya, upacara adat dimulai dengan penyerahan persembahan adat.

Kemudian dilanjutkan dengan memberikan suguhan minuman dan makanan tradisional. Acara tersebut ditutup dengan pembacaan doa oleh seorang tokoh agama.

“Gorontalo dijuluki sebagai serambi madinah, oleh karena itu kami sangat menghormati adat istiadat yang berlaku di daerah ini. Sebagai putra daerah, saya juga wajib menjunjung tinggi adat istiadat ini,” jelas Ismail.

Setelah melaksanakan rangkaian prosesi adat mopotilolo, Penjagub Ismail dan istrinya akan melanjutkan perjalanan ke Gorontalo Utara.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian adat sebagai penjabat baru yang akan menjalankan tugasnya di Provinsi Gorontalo. (Ane)

Baca Juga  Event Internasional World Coconut Day Dapat Dukungan Pemprov Gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *