Scroll Untuk Tutup Iklan
Headline

Presiden Turki Tiga Periode, Erdogan Memenangkan Pemilu Turki dengan Selisih Empat Poin dari Rivalnya

310
×

Presiden Turki Tiga Periode, Erdogan Memenangkan Pemilu Turki dengan Selisih Empat Poin dari Rivalnya

Sebarkan artikel ini
Presiden Turki terpilih Recep Tayyip Erdogan saat menyapa pendukungnya sesaat setelah kemenangan dalam pemilihan presiden turki. (Instagram/@rterdogan)

DIGIMEDIA.ID- Recep Tayyip Erdogan berhasil meraih kemenangan dalam Pemilihan Umum Turki dan terpilih kembali sebagai Presiden untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Pada putaran kedua pemilihan yang dilaksanakan pada Minggu (28/5/2023), Erdogan berhasil memperoleh dukungan sebesar 52,14 persen suara.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Kemenangan ini menandai berlanjutnya masa kepemimpinan Presiden Erdogan hingga tahun 2028 mendatang. Pemilihan umum tahun 2023 ini merupakan kali ketiga Erdogan memenangkan pemilihan sejak ia memimpin Turki selama 20 tahun.

Seperti yang dikutip dari laman CNN, Erdogan pertama kali terpilih sebagai Presiden Turki pada tahun 2014 setelah sebelumnya menjabat sebagai Perdana Menteri Turki dari tahun 2003 hingga 2014.

Sementara itu, rival Erdogan, yaitu Kemal Kilicdaroglu, berhasil meraih 47,86 persen suara. Kilicdaroglu menjadi penantang terkuat Erdogan dalam putaran pertama dan hanya kalah tipis dengan selisih empat poin!

Pada putaran pertama pemilihan, Erdogan berhasil meraih 49,51 persen suara, sedangkan Kilicdaroglu memperoleh 44,88 persen suara.

Meskipun menghadapi persaingan sengit dari lawannya, sejumlah analis telah memprediksi bahwa Erdogan akan kembali memenangkan pemilihan kali ini.

Salah satu alasan utamanya adalah karena partainya, AKP, berhasil meraih kemenangan di 10 dari 11 provinsi yang terdampak gempa dahsyat di Turki pada awal Februari lalu.

Selain itu, Erdogan juga menerima dukungan suara dari kandidat lain. Kandidat presiden yang kalah, yaitu Sinan Ogan, pada awal pekan ini juga menyatakan dukungannya kepada Erdogan.

Ia meminta para pendukungnya untuk memilih petahana ini dalam putaran kedua. Pada putaran pertama, Ogan berhasil meraih 5,17 persen suara. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO