Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Pemprov Gorontalo Serius Tingkatkan Ketrampilan Lulusan SMK

443
×

Pemprov Gorontalo Serius Tingkatkan Ketrampilan Lulusan SMK

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim (kemeja biru) saat menghadiri kegiatan Manajemen Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Serba Guna, SMKN 1 Gorontalo, Jum’at (22/12/2023). (Foto: Adc).

DIGIMEDIA.ID – “Saat ini dari beberapa data yang saya dengar, lulusan SMK ini banyak yang menganggur.”

“Jadi, kita semua harus berupaya agar lulusan SMK bisa masuk ke dunia kerja, sesuai harapan mereka yang memilih sekolah kejuruan yang tentu inginnya setelah lulus langsung bekerja,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim,-

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Saat memberikan sambutan pada kegiatan Manajemen Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Serba Guna, SMKN 1 Gorontalo, Jum’at (22/12/2023).

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo tengah serius meningkatkan profil lulusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Beberapa upaya sudah dilakukan, di antaranya dengan mendorong Dinas Nakertrans melakukan beberapa penguatan dari sisi pengembangan keterampilan.

Sofian menjelaskan bahwa Nakertrans telah melakukan berbagai program untuk membantu lulusan SMK mendapatkan pekerjaan, seperti program magang dalam negeri, magang luar negeri seperti ke Jepang, dan beberapa program lainnya.

Selain itu, Pemprov juga berencana memberikan pelatihan khusus kepada lulusan SMK yang belum bekerja, seperti melatih penggunaan alat berat.

Hal ini sesuai dengan arahan Penjagub Gorontalo, Ismail Pakaya, yang menilai bahwa kemampuan itu sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini.

“Pak gubernur menekankan agar lulusan SMK yang tidak lanjut agar bisa disekolahkan atau dididik di Pusat Training Alat Berat yang ada di Maluku Utara.”

“Pekerjaan ini cukup laku di dunia kerja, bahkan ada beberapa yang belum lulus itu sudah diminta perusahaan,” tutur Sofian.

Sofian menambahkan bahwa untuk dapat meningkatkan profil lulusan SMK, ada empat hal utama yang perlu menjadi perhatian, yaitu manajemen guru, manajemen siswa, manajemen administrasi, serta manajemen sarana prasarana.

Ia berharap dengan upaya-upaya tersebut, lulusan SMK di Gorontalo dapat bersaing di dunia kerja dan mengurangi angka pengangguran.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO