Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Pelatihan DEA, Pemprov Gorontalo Dorong Inovasi Digital UMKM

155
×

Pelatihan DEA, Pemprov Gorontalo Dorong Inovasi Digital UMKM

Sebarkan artikel ini
Penjabat Sekdaprov Budiyanto Sidiki didampingi Kadis Kominfotik Rifli Katili pada pembukaan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) secara resmi yang bertempat di aula kantor BPSDM Provinsi Gorontalo, Senin (17/07/2023). (Foto – Fadhil)

DIGIMEDIA.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Budiyanto Sidiki telah menjelaskan manfaat digitalisasi bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Gorontalo.

Menurut Budiyanto, digitalisasi saat ini merupakan kebutuhan penting karena dapat memperluas dan mempermudah proses pemasaran.

Dalam pembukaan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Provinsi Gorontalo pada tanggal 17 Juli 2023, Budiyanto sebagai pemateri menyampaikan bahwa digitalisasi memungkinkan pengusaha untuk memperluas jaringan dan jangkauan pasar serta meningkatkan eksposur produk melalui berbagai platform digital.

Budiyanto juga menyoroti bahwa digitalisasi dapat meningkatkan literasi bisnis. Dia memberikan contoh tentang bagaimana digitalisasi menjadi fondasi pembelajaran jarak jauh selama pandemi, seperti melalui menonton tutorial di aplikasi YouTube.

Ia mengungkapkan bahwa bahkan istrinya telah belajar membuat kue dan roti dengan melihat tutorial di YouTube. Menurutnya, ini adalah salah satu keuntungan dari penguasaan digitalisasi dalam bisnis.

Dalam harapannya, Budiyanto berharap agar pelatihan ini, yang diikuti oleh 100 peserta pelaku UMKM, dapat dilanjutkan secara serius.

Ia meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Manado agar pelatihan semacam ini dapat terus berlanjut dan pesertanya dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh.

Pelatihan DEA berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 17-18 Juli 2023. Pada hari pertama, materi yang disampaikan adalah tentang Perluasan Pasar UMKM dengan Memanfaatkan Digitalisasi Marketing oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Provinsi Gorontalo, Rifli M. Katili.

Sementara itu, pada materi kedua, Kepala Dinas UMK Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge, membawakan topik mengenai Peran Pemerintah Terhadap Literasi Digital UMKM di Gorontalo.(Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO