Scroll Untuk Tutup Iklan
Nasional

Mulai Tahun ini, KUA Jadi Tempat Pencatatan Pernikahan Semua Agama

1200
×

Mulai Tahun ini, KUA Jadi Tempat Pencatatan Pernikahan Semua Agama

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Barat, Moh. Fikry Hioda meneruskan arahan oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas terkait fungsi KUA menjadi tempat pencatatan pernikahan bagi semua agama, Senin (27/2/2024).

DIGIMEDIA.ID – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, menyatakan kesiapannya untuk menjalankan arahan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, terkait fungsi KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan dan ibadah bagi semua agama.

Kepala KUA Kota Barat, Moh. Fikry Hioda, mengatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari tugas KUA sebagai unit pelaksana teknis dari Kementerian Agama yang berada di tingkat kecamatan.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
PPP
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Salah satu fungsi KUA selama ini hanya sebagai tempat pencatatan pernikahan bagi umat Islam saja, namun mulai tahun ini fungsi KUA berkembang menjadi tempat pencatatan pernikahan bagi semua agama,” ujar Fikry, Senin (27/2/2024).

Fikry menambahkan bahwa KUA juga dapat digunakan sebagai tempat ibadah bagi non-muslim yang masih kesulitan mendirikan rumah ibadah, sesuai dengan arahan Menteri Agama.

“Sebagaimana arahan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bahwa, mulai tahun 2024 KUA akan jadi tempat pencatatan pernikahan dapat digunakan menjadi tempat ibadah bagi non-muslim yang masih kesulitan mendirikan rumah ibadah,” tuturnya.

Menurut Fikry, kebijakan ini merupakan bentuk perlindungan dan toleransi dari masyarakat mayoritas Muslim terhadap saudara-saudari yang minoritas.

“Hal ini merupakan langkah awal yang perlu diketahui seluruh masyarakat agar tidak terjadi keterkejutan di kalangan masyarakat terkait rencana baru menteri agama,” pungkasnya.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO