Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Forum DAS Gorontalo Akan Kerja Sama dengan JICA Sulawesi untuk Rehabilitasi Lahan Hulu DAS Limboto

557
×

Forum DAS Gorontalo Akan Kerja Sama dengan JICA Sulawesi untuk Rehabilitasi Lahan Hulu DAS Limboto

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo pada rapat koordinasi pembahasan program DAS, bertempat di ruang rapat Kantor BPDAS, Kamis (16/11/2023).

DIGIMEDIA.ID – Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo akan mengadakan pertemuan kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) Regional Sulawesi pada 27 November 2023.

Pertemuan ini akan membahas program edukasi lingkungan dan pengembangan lapangan untuk rehabilitasi lahan di hulu DAS Limboto.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

JICA adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Pertemuan ini akan difasilitasi oleh BAPPPEDA Provinsi Gorontalo.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum DAS Gorontalo Wawan Tolinggi, dalam rapat koordinasi yang digelar di Kantor BPDAS, Kamis (16/11/2023).

“Kita akan menawarkan beberapa kegiatan kepada JICA, salah satunya adalah penanaman pongamia di lahan kritis yang ditujukan untuk energi alternatif,” kata Wawan.

Pongamia adalah jenis pohon polong-polongan yang tumbuh cepat dan berkanopi lebar, yang dapat digunakan sebagai kayu bakar, pakan ternak, naungan, dan pengayaan tanah.

Wawan menjelaskan, penanaman pongamia bertujuan untuk memperbaiki ekosistem alam yang mengalami degradasi.

“Kita akan menyiapkan demplot sekitar 5 hektar di tahun 2024, dengan skema kolaborasi antara kelompok tani, JICA, dan pihak industri,” ujar Wawan.

Wawan berharap tanaman ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan petani di sekitar kawasan tersebut.

Selain itu, Forum DAS Gorontalo juga akan menggelar musyawarah yang melibatkan seluruh stakeholder terkait, baik LSM, NGO, pemerintah, dan tokoh masyarakat pada 23 November 2023.

Musyawarah ini akan mengevaluasi kegiatan Forum DAS selama 2023 dan merencanakan program untuk tahun 2024.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO