Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Gorontalo

Festival Pesona Danau Limboto 2023, Sukses Dorong Kebangkitan Ekonomi Gorontalo

195
×

Festival Pesona Danau Limboto 2023, Sukses Dorong Kebangkitan Ekonomi Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Penutupan rangkaian FPDL Tahun 2023, oleh PJ Gubernur Ismail Pakaya didampingi Bupati Nelson Pomalingo dan Wabup Hendra Hemeto di Kawasan Pentadio Resort. (Arsip Pemkab Gorontalo)

DIGIMEIDA.ID – Kharisma Event Nusantara (KEN), Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo berhasil meraih kesuksesan. Event nasional ini didukung oleh Kementerian Pariwisata, Ekonomi, dan Kreatif RI, dan menjadi era kebangkitan ekonomi daerah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, menyatakan bahwa FPDL bertujuan untuk mempromosikan keunggulan pariwisata dan budaya daerah, terutama Danau Limboto. Tujuan dari event ini adalah untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Gorontalo, yang pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam upayanya menjadikan FPDL sebagai event internasional, Bupati Nelson mengungkapkan bahwa langkah pertama yang dilakukan adalah memasukkan salah satu event Geopark agar Danau Limboto mendapatkan perhatian internasional. Tahun lalu, dilakukan seminar yang dihadiri oleh delegasi dari Jepang sebagai bentuk pendampingan, yang didukung oleh pemerintah Provinsi Gorontalo.

Bupati Nelson juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam kesuksesan event nasional ini, meskipun dengan keterbatasan anggaran. Ia mengapresiasi dukungan dari Kementerian Pariwisata, Ekonomi, dan Kreatif RI, pemerintah Provinsi Gorontalo, panitia, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat, dan sponsor.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, menyatakan kebanggaannya dan memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Gorontalo atas kesuksesan FPDL. Ia mengakui bahwa FPDL merupakan salah satu event tahunan yang masuk dalam 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. FPDL juga menjadi ajang promosi yang melibatkan pengrajin lokal dan pelaku ekonomi kreatif, UMKM, yang dapat mendorong industri pariwisata dan perekonomian di daerah.

Menutup sambutannya, Pj. Gubernur Ismail Pakaya menyatakan bahwa kesuksesan FPDL merupakan hasil dari dukungan bersama, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten, maupun pihak perbankan. Ia juga menyampaikan dukungan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menjadikan FPDL sebagai event internasional dan berkelanjutan.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto, Forkopimda, PJ Sekda Provinsi Gorontalo, Ketua TP PKK, Pimpinan OPD, Camat, pihak perbankan, sponsor, undangan lainnya, serta ribuan masyarakat.

Dengan suksesnya Festival Pesona Danau Limboto 2023, diharapkan pariwisata dan perekonomian Gorontalo semakin berkembang, memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat setempat, serta memperkenalkan potensi dan keindahan alam Gorontalo ke tingkat internasional. (Ane)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO