Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Event Internasional World Coconut Day Dapat Dukungan Pemprov Gorontalo

116
×

Event Internasional World Coconut Day Dapat Dukungan Pemprov Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Suasana rapat persiapan World Coconut Day dipimpin Bupati Nelson Pomalingo dan dihadiri perwakilan Pemprov Gorontalo, Selasa, (18/7/2023). (Foto: Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo terus memberikan dukungannya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo (Kabgor) dalam penyelenggaraan World Coconut Day atau hari kelapa sedunia.

Kegiatan yang akan dihadiri oleh kurang lebih tamu dari 20 negara ini, direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 5 September 2023 mendatang.

Pemprov Gorontalo, melalui berbagai instansi terkait, telah menetapkan beberapa tanggung jawabnya dalam mendukung suksesnya acara ini. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang – Perumahan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) dan Balai Jalan bertanggung jawab untuk memastikan kesiapan jalan menuju lokasi acara.

Dinas Pertanian akan mempersiapkan ketersediaan Alsintan (alat dan mesin pertanian) yang diperlukan. Sementara itu, Biro Umum akan menangani transportasi dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan oleh para tamu.

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) diminta untuk melakukan penyebaran informasi terkait pelaksanaan World Coconut Day secara massif. Terakhir, Pemerintah Provinsi Gorontalo bertanggung jawab atas jamuan penyambutan tamu yang hadir.

“Kegiatan ini merupakan tanggung jawab bersama antara Pemprov dan Pemkab Gorontalo, karena merupakan acara internasional dan Gorontalo menjadi tuan rumah. Keberhasilan acara ini akan berdampak pada reputasi Provinsi Gorontalo.

Kami telah menerima instruksi dari Pj untuk mendukung penuh kegiatan ini,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Mario Mulyadi, saat mewakili Pemprov pada rapat persiapan World Coconut Day bersama Bupati Nelson Pomalingo, pada Selasa (18/7/2023).

Bupati Nelson mengungkapkan bahwa World Coconut Day akan dimulai dengan pameran yang akan berlangsung di shopping centre Limboto.

Selanjutnya, acara akan dilanjutkan dengan Konferensi Internasional, termasuk pertemuan bisnis dengan pembicara dari luar negeri. Para tamu juga akan diajak mengunjungi langsung lokasi Royal Coconut. Puncak acara ini akan ditandai dengan acara penanaman kelapa.

“Saya berharap semua negara penghasil kelapa yang tergabung dalam ICC dapat bergabung, terutama karena Gorontalo dianggap menarik bagi mereka.

Banyak investor yang berhubungan dengan kelapa tertarik dengan wilayah ini, mengingat mereka masih belum begitu mengetahui secara pasti lokasi Gorontalo di Sulawesi mana,” ujar Bupati Nelson.

Bupati Nelson juga merencanakan kehadiran Kepala Staf Kepresidenan bersama dengan empat orang Menteri dalam acara ini. Mereka antara lain Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, Menteri Pertanian, dan Menko Perekonomian.

Dengan adanya dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, diharapkan World Coconut Day dapat menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan potensi kelapa Gorontalo secara internasional serta meningkatkan investasi dan kerja sama dalam industri kelapa.

Acara ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi Gorontalo sebagai tujuan wisata dan investasi yang menjanjikan di Indonesia. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO