Scroll Untuk Tutup Iklan
Headline

UMGO Buka Prodi Kedokteran, Bupati Nelson: Berdirinya Prodi Ini Dapat Memberikan Impact di Segala Sektor

2513
×

UMGO Buka Prodi Kedokteran, Bupati Nelson: Berdirinya Prodi Ini Dapat Memberikan Impact di Segala Sektor

Sebarkan artikel ini
Bupati Nelson Saat Pembukaan Program Studi Kedokteran UMGO

DIGIMEDIA.ID – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menerima kedatangan Tim dari Evaluasi Lapangan Usulan penyelenggaraan Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMGO yang bertempat di Aula Rektorat Lantai 4 UMGO, Senin (12/9/2023).

Tim Evaluasi Lapangan yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 12 orang yaitu:

  1. Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes
  2. Dr. Lukman, S.T., M.Hum.
  3. dr. Mariatul Fadilah, MARS, ph.D,Sp.KKLP.,
  4. dr. Insan Sosiawan A. Tunru, Ph.D., LAMPTKes,
  5. Dr. dr. Nasrudin Andi Mappaware, Sp.OG(K), MARS.,
  6. Dr.dr. Amir Syafruddin, M.Med,Ed.,
  7. dr. Liliana Sugiharto, MS.,PA(K),
  8. Deny Kurniawan,M.Sc.,Ph.D.,
  9. Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K)., M.Kes., M.Hkes

Turut hadir, Penjabat Gubernur yang diwakili oleh Kepala Dinas Provinsi Gorontalo, Pimpinan Majelis Dikti-Litbang PP yang diwakili Erwin Akib, Ph.D., Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T.Ase, ST., M.Si., Kepala LLDikti Wilayah XVI, Munawir Sadzali Rajak, M.Si., Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Dekan dan Wakil Dekan dan Dosen Fakultas Kedokteran Unhas sebagai PT Pendamping Kedokteran UMGO, Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit MM. Dunda, Ketua PWM/PWA dan Pimpinan Ortom Muhammadiyah Gorontalo, Ketua BPH UMGO, para calon dosen kedokteran UMGO dan para tamu undangan.

Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah Gorontalo sudah berupaya semaksimal mungkin dalam membuka prodi Kedokteran guna meningkatkan SDM dokter yang berfokus pada Gizi Ibu dan Anak.

“Kami berharap masukan dari tim evaluator sebanyak-banyaknya untuk memperbaiki jika ada kekurangan dalam proses pembukaan Program Studi Kedokteran, dan semua keperluan untuk melengkapinya, UMGO akan berusaha menyelesaikan semua revisi dalam waktu sepekan setelah evaluasi ini,” ucapnya.

Rektor Kadim juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak mulai dari Majelis Dikti Litbang, PWM/PWA, pemerintah Provinsi dan Daerah, Unhas sebagai PT pendamping UMGO dalam membuka prodi Kedokteran, PTM, Rumah Sakit/Puskesmas mitra, dan berbagai pihak lainnya yang terus menguatkan UMGO untuk terus maju hingga sampai pada tahap evaluasi lapangan.

“UMGO siap melahirkan generasi dokter yang kompeten, berintegritas, dan mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.

Kemudian, Kepala LLDikti Wilayah XVI, Munawir Sadzali Rajak, M.Si., dalam sambutannya mengatakan di Provinsi Gorontalo baru ada satu fakultas kedokteran yang baru sekali meluluskan mahasiswa dan UMGO merupakan PT ke dua membuka prodi Kedokteran dan PTS pertama di Gorontalo yang membuka prodi tersebut, selain itu selama ini pemenuhan tenaga kesehatan di Gorontalo di suplai dari perguruan tinggi dari luar Gorontalo diantaranya Unsrat, Unhas, Tadulako dan Al-Khairat.

“Harapan kita dengan adanya prodi kedoktetan di UMGO orang yang ingin kuliah kedok tidak lagi ke luar daerah dan pemenuhan nakes khususnya di Gorontalo bisa teratasi, mampu meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan peningkatan Sumberdaya Manusia demi pengebangan pendidikan di wilayah Gorontalo,” harapnya.

Lanjutnya, di Gorontalo PTS sedikit tapi mutunya bagus salah satunya adalah UMGO yang terus menunjukan perkembangan yang signifikan, untuk itu ketika UMGO meminta rekomendasi pembukaan prodi Kedokteran ia merasa UMGO layak untuk mendapatkan rekomendasi itu.

“Saya menyaksikan langsung perjuangan dan keseriusan UMGO dalam membuka prodi ini sangat luar biasa, harapan kami ketika selesai evaluasi ini segera menidak lanjuti catatan dari evaluator sehingga prodi kedokteran bisa segera diterbitkan izinnya,” pintanya.

Turut hadir, Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo yang menyampaikan rasa senangnya atas pembukaan Program Studi Kedokteran UMGO.

“Program studi ini akan menarik banyak peminat dari berbagai daerah di Indonesia untuk datang ke Gorontalo namun yang harus kita priotaskan tetap adalah putra dan putri daerah.

Tentu ini menjadi peluang bagi Kabupaten Gorontalo untuk menggerakkan roda perekonomian,” ungkap Nelson.

Lanjutnya, dengan pembukaan prodi Kedokteran berhasil membuktikan bahwa UMGO sebagai PTS terbaik di Gorontalo benar adanya UMGO berhasil menunjukkan keseriusannya dalam mempersiapkan Program Studi Kedokteran yang berkualitas.

“Melalui pembukaan Program Studi Kedokteran ini, saya sebagai saksi dalam rencana penbukaan prodi kedokteran sejak tahun 2008 saat saya menjabat rektor tentu berharap UMGO dapat memberikan kontribusi nyata dalam penyediaan tenaga medis yang berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dapat menjadi pusat pengembangan ilmu kedokteran dan penelitian yang berkontribusi pada kemajuan bidang kesehatan.

Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta kolaborasi antara UMGO, lembaga kesehatan, dan masyarakat untuk mengatasi berbagai tantangan kesehatan yang dihadapi,” tandasnya.

Dengan kehadiran Prodi Kedokteran, mantan Rektor UMGO ini percaya akan memberikan impact pada bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Dengan kehadiran prodi Kedokteran akan berdampak baik terhadap pendidikan dan pemenuhan SDM dokter yang berkualitas, jasa kedua bidang kesehatan dimana kekurangan dokter baik di Gorontalo dan se Indonesia bisa teratasi.

Kita berharap apa yang dilakukan hari ini tidak hanya bermanfaat dalam kedua bidang itu tetapi Insha Allah berdampak kepada masyarakat secara ekonomi.

Selaku pemerintah daerah kita bergembira hari umgo tidak berjalan sendiri tetapi didukung oleh universitas muhammadiyah lainnya, untuk itu kita juga akan terus mendorong kemajuan UMGO dan terima kasih juga pada kemendikbud dan kemenkes kita berharap banyak karena di Gorontalo baru ada satu kedokteran dan Insha Allah akan lahir fakultas kedokteran di UMGO,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO