Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Tokyo Food ingin pengembangan kakao di Boalemo berlanjut

593
×

Tokyo Food ingin pengembangan kakao di Boalemo berlanjut

Sebarkan artikel ini
Biji Kakao Kering - Foto : YIN

DIGIMEDIA.ID – Tokyo Food, perusahaan asal Jepang, mengharapkan pengembangan agropores kakao di Kabupaten Boalemo, dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan oleh S. Yazaki, perwakilan Tokyo Food, saat berkunjung ke rumah jabatan Bupati Boalemo, Selasa (12/12/2023).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

“Tokyo Food akan melaksanakan observasi lahan, agar pengembangan kakao di Kab.Boalemo dapat berkelanjutan.” Ungkap Yazaki,”.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya para petani kakao, dengan cara memperbaiki kualitas dan produktivitas kakao yang dihasilkan.

Pengembangan agropores kakao merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Tokyo Food dan pemerintah Kabupaten Boalemo yang telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Kala itu, Mantan Bupati Rum Pagau mengubah wajah Kabupaten Boalemo menjadi sentra kakao, karena secara ekonomi perkebunan kakao lebih menyejahterakan petani dibanding dengan tanaman jagung.

Agropores kakao adalah sebuah metode budidaya kakao yang menggabungkan tanaman kakao dengan tanaman lain yang dapat memberikan naungan, pupuk, dan perlindungan dari hama dan penyakit.

Agropores kakao juga dapat meningkatkan nilai tambah kakao dengan cara mengolahnya menjadi produk olahan seperti cokelat, kue, dan minuman.

Sementara itu, Penjabat Bupati Boalemo, Sherman Moridu, yang menerima kunjungan Yazaki, menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama dengan Tokyo Food.

Menurutnya pengembangan agropores kakao telah memberikan kontribusi bagi pembangunan sektor pertanian, khususnya perkebunan kakao, di Kabupaten Boalemo.

Saya berharap kerjasama ini dapat dilaksanakan terus menerus guna peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya para petani kakao di Kab.Boalemo,” kata Sherman.

Sherman juga berharap bahwa kerjasama dengan Tokyo Food dapat terus berlanjut dan ditingkatkan di masa depan.

Pemerintah Kabupaten Boalemo akan terus memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk pengembangan agropores kakao,-

Selama itu untuk kesejahteraan dan pengembangan ekonomi masyarakat kabupaten Boalemo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO