Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Tokoh Ekonomi Indonesia, Rizal Ramli Meninggal Dunia

1370
×

Tokoh Ekonomi Indonesia, Rizal Ramli Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Rizal Ramli saat Bertemu dgn Ketua IDI Dr. Adib dan pimpinan, bersama senior Angkatan 73 ITB, Budi Mulia. beberapa waktu lalu.

DIGIMEDIA.ID – Indonesia kehilangan salah satu tokoh ekonomi dan aktivis yang kritis, Rizal Ramli. Mantan Menko Kemaritiman itu meninggal dunia di usianya yang ke-69 tahun pada hari ini, Selasa (2/1). Ia menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Kabar meninggal Rizal diungkap staf Rizal, Tri Wibowo Santoso. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” tulis Tri dalam pesan singkatnya.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954. Ia merupakan mantan aktivis mahasiswa yang menjadi pakar ekonomi. Rizal juga kerap mengisi jabatan eksekutif.

Rizal pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001. Di tahun yang sama ia juga menjabat Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri.

Di era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal dipercaya menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia pada 2015 hingga 2016.

Rizal Ramli dikenal sebagai sosok yang merintis jalan hidup dengan susah payah. Sebagai anak yatim-piatu, ia mesti membiayai sendiri kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tekanan hidup itu justru mendekatkan dirinya dengan problematika masyarakat.

Pada 1978, ia ikut dalam gerakan menentang pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden. Kejadian itu memberinya ruang di sel selama 18 bulan.

Lepas dari penjara, Rizal Ramli banyak meniti pendidikan di luar negeri. Ia memperoleh gelar doktor dari Boston University dan sejurus kemudian memutuskan pulang ke tanah air.

Rizal mendirikan Econit (1992). Sebuah lembaga pengkajian ekonomi. Dari Econit inilah, Rizal menuai reputasinya. Ia banyak mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat.

Rizal Ramli juga dikenal sebagai sosok yang berani mengeluarkan pendapatnya. Ucapan yang terkenal adalah ‘rajawali ngepret’ atau Raja Ngepret.

Ia mengkritik kebijakan pemerintah yang dinilai menguntungkan kelompok tertentu.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO