Scroll Untuk Tutup Iklan
Pendidikan

Tingkatkan Skill Trainer Mahasiswa, Fakultas Psikologi UMGO Gelar Rangkaian Praktikum Problem Solving

332
×

Tingkatkan Skill Trainer Mahasiswa, Fakultas Psikologi UMGO Gelar Rangkaian Praktikum Problem Solving

Sebarkan artikel ini
Salah satu Mahasiswa Fakultas Psikologi UMGO saat melakukan Rangkaian Praktikum Problem Solving Di Sma 1 Telaga. Selasa (18/07/2023)

DIGIMEDIA.ID – Praktek belajar lapangan merupakan suatu proses belajar mahasiswa Program Studi S1 Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), di lapangan sebagai bagian dari kompetensi Sarjana Psikologi.

Dalam rangka pengembangan keterampilan bagi mahasiswa agar lulusan sarjana benar-benar memiliki ketrampilan yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan diri dimasyarakat luas, Psikologi UMGO melakukan Rangkaian Praktikum Problem Solving Selasa (18/07/2023).

Adapun rangkaian praktikum terdiri atas, pre test, untuk mengukur tingkat awal proses pemecahan masalah yang dimiliki siswa kemudian lanjut pada pemberian materi tentang seputar problem solving oleh mahasiswa Psikologi angkatan 2020

Setelah pemberian materi ini ada praktek langsung yakni menggunakan focus group discussion ( FGD ) dimana para siswa dibagi kelompok dan diberi mosi untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada.

Sehingga para siswa dapat langsung berpartisipasi dan mengaplikasikan teknik teknik dalam problem solving yang telah kami berikan .

“Setelah pemberian materi dan praktik kami menutup kegiatannya dengan melakukan post test untuk mengukur apakah ada perbedaan sebelum dan setelah pemberian materi problem solving,” jelas Putri Rahim mahasiswa Psikologi UMGO.

5 mahasiswa Psikologi UMGO yang terlibat dalam pelatihan ini ialah,Putri Rahim, Nur Fadilah Musa, Rachma Chairunnisa Utina ,Khairun Nisa Limehu , Amelia Saputri M. Pulumoduyo dan 1 orang asisten laboratorium Fadil Potale, turut hadir Wakasek Hubmas Dra. Hj. Ariati Pakaya, M.Pd, Dosen Pengampu Mata Kuliah Desain Pelatihan, Rahmawaty Parman, S.Psi, M.Psi., serta siswa-siswi yang terangkum dalam organisasi OSIS dan Dewan Ambalan SMA Negeri 1 TELAGA.

Lanjut Putri, adapun tujuan dari pelatihan problem solving ini adalah untuk mengajarkan siswa bagaimana tahapan atau teknik yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah di dalam organisasi maupun diluar organisasi

“Alhamdulillah respon dari siswa siswi sangat excited untuk mengikuti kegiatan ini karena dilihat dari keaktifan ketika bertanya dan mampu untuk menjelaskan kembali apa yang disampaikan oleh pemateri,” tandasnya.

Putri juga mengaku senang mengikuti kegiatan ini karena dapat memberikan beberapa hal yang bermanfaat bagi adik-adik siswa kedepannya guna untuk kelancaran dalam menyelesaikan masalah.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pengampu dan asisten laboratorium yang senantiasa membimbing kami menjadi trainer yang baik , serta kepada civitas akademik dan Adik – adik siswa SMA Negeri 1 Telaga yang telah memberikan kami kesempatan untuk melakukan pelatihan problem solving ini, Semoga kedepannya apa yang kami sampaikan dapat diaplikasikan ke kehidupan sehari – hari,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO