Scroll Untuk Tutup Iklan
Headline

Siap-siap, 207 Personel Gabungan akan Laksanakan Operasi Patuh Otanaha

1271
×

Siap-siap, 207 Personel Gabungan akan Laksanakan Operasi Patuh Otanaha

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan apel gelar pasukan bertempat di Lapangan Mapolda Gorontalo, Senin, (10/7/2023). Apel yang dipimpin oleh Wakapolda Gorontalo dan dihadiri Penjagub Gorontalo ini dalam rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Otanaha Tahun 2023. (Foto: Mila/Diskominfotik)

DIGIMEDIA.ID – Operasi Patuh Otanaha Tahun 2023 dimulai secara serentak di wilayah Gorontalo dan akan berlangsung selama 14 hari ke depan. Polda Gorontalo mengerahkan 270 personel gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan untuk melaksanakan operasi ini.

Peluncuran operasi patuh dan tertib berlalu lintas ditandai dengan apel gelar pasukan yang berlangsung di Lapangan Mapolda Gorontalo pada Senin (10/7/2023). Apel tersebut dipimpin oleh Wakapolda Gorontalo dan dihadiri oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya.

Dalam amanatnya, Wakapolda Gorontalo Brijen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi menyampaikan bahwa populasi penduduk yang semakin meningkat tidak diimbangi dengan kesadaran yang tinggi terhadap tata tertib berlalu lintas.

Hal ini terbukti dari tingginya jumlah pelanggaran lalu lintas dan angka kecelakaan lalu lintas yang masih terjadi.

“Kita juga menyadari bahwa perkembangan transportasi saat ini telah memasuki era digital, di mana operasional angkutan publik menjadi semakin kompleks. Oleh karena itu, hal ini menjadi perhatian Polri dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengantisipasinya,” ungkap Pudji.

Pada pelaksanaan operasi patuh tahun sebelumnya, terjadi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 432 kasus dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 407 kasus.

Pelanggaran lalu lintas juga mengalami peningkatan signifikan, dengan jumlah kasus mencapai 2.013 pada tahun 2022, sedangkan pada tahun 2021 tercatat sebanyak 385 kasus.

Dalam upaya mengatasi hal ini, Polri bersama Polda Gorontalo telah meluncurkan sistem tilang elektronik yang dilaksanakan secara statis.

Kamera pengawas ditempatkan di lokasi rawan pelanggaran lalu lintas dan dioperasikan oleh petugas lalu lintas, serta terdapat kamera khusus di setiap satuan lalu lintas untuk memantau kepatuhan pengendara.

Diharapkan melalui Operasi Patuh Otanaha Tahun 2023, kesadaran masyarakat terhadap tata tertib berlalu lintas dapat meningkat. Polda Gorontalo mengimbau kepada seluruh pengendara untuk mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. (Cui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO