Scroll Untuk Tutup Iklan
BMR

Serius Tangani HIV/AIDS, Dinkes Bolmut Sambangi KPA Gorontalo

213
×

Serius Tangani HIV/AIDS, Dinkes Bolmut Sambangi KPA Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Foto bersama KPA Provinsi Gorontalo dengan jajaran Dinas Kesehatan Bolmut

DIGIMEDIA.ID BOLMUT – Keseriusan Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Utara dalam menangani HIV/AIDS Kembali dibuktikan dengan kegiatan studi tiru di Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) provinsi Gorontalo yang dilaksanakan pada kamis (04/5/2023).

“Kita ingin belajar, menggali informasi, pengalaman terkait dengan pengelolaan orang-orang yang terpapar HIV sekaligus bagaimana sinerginya dengan pemerintah terkait regulasi dan seterusnya”, ujar Kepala Dinas Kesehatan, Ali Dumbela,SKM.M.Kes.

Seperti yang diketahui, di Provinsi Gorontalo saat ini sudah terbentuk Komisi Penanggulangan AIDS, serta beberapa kader yang dikhususkan menangani masalah HIV/AIDS ini.

Bahkan, KPA ini mendapatkan support besar dari jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota. Sehingga, proses pendataan maupun penanganan bisa terarah dengan baik.

Sementara itu, di Bolaang Mongondow Utara, saat ini belum ada wadah yang bisa dijadikan sebagai pijakan untuk penanganan HIV/AIDS ini.

Disatu sisi, jumlah penderita di Bolmut sendiri terus melonjak. Pada studi tiru itu, kata Ali Dumbela, mendapatkan banyak pembelajaran, baik dari segi pembentukan wadah, regulasi, pendanaan, serta bagaimana cara pendekatan dengan si penderita.

Apalagi, pada pertemuan itu, kami dipertemukan dengan beberapa kader peduli AIDS, yang sudah lama bekerja dan punya sejuta pengalaman dalam menangani pasien HIV/AIDS.

Lebih lanjut, kata Ali, dari hasil pertemuan itu, pihak KPA Provinsi Gorontalo, rencananya akan berkunjung ke Bolmut untuk kembali membahas lanjutan dari aksi positif Dinas Kesehatan. “Mereka akan berkunjung ke kita, dan akan membahas bersama masalah HIV/AIDS ini”, jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Provinsi Gorontalo Sabri Panigoro, SKM.M.Kes, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Bolmut yang sudah berkunjung ke kantor KPA.

Kunjungan ini menurutnya bukti komitmen dan keseriusan dari Pemerintah Bolmut dalam menangani masalah HIV/AIDS.

Maka dari itu, apapun yang dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan Bolmut, kami akan membuka diri untuk saling sharing, agar tujuan positif kita ini bisa membuahkan hasil yang baik’, jelasnya.

Hadir pada kegiatan itu, Sekretaris dan staf KPA Provinsi Gorontalo, kader peduli AIDS, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, Kepala Bidang P2, Washor TB, Malaria dan HIV AIDS, yang tentunya berkaitan erat dengan persoalan HIV/AIDS.(Vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO