Scroll Untuk Tutup Iklan
Gorontalo

Selamatkan Danau Limboto, Forum DAS Gorontalo Jajaki Kerjasama dengan JICA

692
×

Selamatkan Danau Limboto, Forum DAS Gorontalo Jajaki Kerjasama dengan JICA

Sebarkan artikel ini
Danau Limboto. Foto: Kodam Wirabuana.mil.id

DIGIMEDIA.ID – Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Gorontalo berencana untuk menjalin kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam rangka penyelamatan Danau Limboto.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Forum DAS Provinsi Gorontalo Razak Umar setelah melakukan pertemuan dengan pihak JICA Regional Sulawesi pada 27 November 2023.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Menurut Razak, pertemuan tersebut bertujuan untuk menjajaki potensi kemitraan antara Forum DAS dan JICA dalam mengembangkan program-program berbasis penyelamatan daerah hulu dan hilir.

Razak mengatakan bahwa pihak JICA memberikan respon yang baik terhadap inisiatif Forum DAS.

Salah satu inisiatif yang ditawarkan oleh Forum DAS adalah penanaman pongaima sebagai alternatif pengganti jagung yang memiliki nilai ekologis dan ekonomis yang cukup tinggi.

Pongaima merupakan tanaman yang dapat menghasilkan minyak nabati yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar nabati.

Selain itu, JICA juga mengusulkan program pendidikan lingkungan hidup dengan konsep Sister School yang melibatkan salah satu sekolah di Jepang.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru, kapasitas warga sekolah, peran orang tua, dan kurikulum yang berwawasan lingkungan.

Forum DAS akan segera mengajukan proposal yang memuat profil program yang akan dilaksanakan.

Proposal tersebut akan dikirimkan ke pihak JICA untuk dipelajari lebih lanjut dan ditindaklanjuti dalam bentuk pendampingan teknis dan kegiatan yang lebih operasional.

“Pekan ini kami akan mengajukan proposal yang memuat profil program itu seperti apa dan Insya Allah pekan ini akan kami kirimkan ke pihak JICA,..”

“Untuk dipelajari lebih lanjut dan ditindaklanjuti dalam bentuk pendampingan teknis serta kegiatan yang lebih operasional,” ungkap Razak.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO