Scroll Untuk Tutup Iklan
Ekonomi

Sandiaga Uno Dorong Gorontalo Jadi Kota Kreatif UNESCO

1850
×

Sandiaga Uno Dorong Gorontalo Jadi Kota Kreatif UNESCO

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau salah satu pelaku umkm kuliner yang merupakan subsektor lokomotif di Kabupaten Gorontalo dalam acara "Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif" di Gedung Kasmat Lahay Convention Center, Gorontalo, Selasa (27/2/2024).

DIGIMEDIA.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Gorontalo untuk memperkuat kolaborasi dalam upaya mewujudkan Kabupaten Gorontalo bisa masuk dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO.

Hal ini disampaikan Sandiaga saat menghadiri acara “Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif” di Gedung Kasmat Lahay Convention Center, Gorontalo, Selasa (27/2/2024).

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Sandiaga mengatakan, upaya ini mempertimbangkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Gorontalo, terutama kuliner yang bisa menjadi penghela dari subsektor ekonomi kreatif lainnya.

“Kabupaten Gorontalo memiliki pemikiran yang progresif. Pada 2018, mereka sudah melakukan proses uji petik (PMK3I) yang difasilitasi oleh Kemenparekraf.

Kemudian terpilih subsektor kuliner sebagai subsektor lokomotif di Kabupaten Gorontalo,” kata Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, karena sudah ditetapkan sebagai kabupaten kreatif nasional, langkah berikutnya adalah mengajukan Gorontalo sebagai Kabupaten Kota Kreatif versi UNESCO.

Ini nantinya bisa dikolaborasikan dengan pemerintah daerah agar produk ekonomi kreatif Gorontalo semakin dikenal secara global.

Menjadi bagian dari kota kreatif dunia akan memberikan banyak manfaat bagi Kabupaten Gorontalo.

Selain adanya keberlanjutan dan kelestarian terhadap kuliner lokal, juga secara tidak langsung menjadi sarana promosi yang efektif.

Dan tentunya, dengan legitimasi dari UNESCO memberikan kesempatan bagi kabupaten/kota untuk berjejaring dan membangun komunitas dengan kota-kota sejenis di negara-negara lain di dunia.

Kemenparekraf juga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan berupa berbagai program yang diperlukan oleh pelaku ekonomi kreatif Gorontalo, mulai dari pelatihan, akses permodalan, hingga pemasaran.

“Kami ingin melihat bagaimana ekonomi kreatif di Kabupaten Gorontalo bisa kita dorong untuk bisa lebih maju lagi,” tutur Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyambut baik inisiasi Menparekraf Sandiaga yang mencanangkan Kabupaten Gorontalo untuk maju sebagai Kota Kreatif UNESCO. Nelson berharap, ini akan menjadi motor penggerak ekonomi.

“Insya Allah ini akan menjadi motor penggerak ekonomi kita. Kami siap bekerja sama dengan Kemenparekraf dan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan cita-cita ini,” kata Nelson.

Turut hadir mendampingi Sandiaga, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto;

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; dan Direktur SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf, Fahmi.

Juga hadir Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Ariyanto Husein; dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gorontalo, Rita Idrus.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO