Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Gorontalo Utara

Prosesi Adat Mopotilolo Sambut Kedatangan Penjagub Ismail di Gorontalo Utara

68
×

Prosesi Adat Mopotilolo Sambut Kedatangan Penjagub Ismail di Gorontalo Utara

Sebarkan artikel ini
Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya didampingi istri Fima Agustina saat diterima dengan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi tabuhan genderang saat memasuki halaman Rudis Bupati Gorontalo Utara, Jumat (26/5/2023). Prosesi dilanjutkan dengan adat Mopotilolo. (Foto : Fikry)

DIGIMEDIA.ID- Rangkaian upacara adat Mopotilolo untuk menyambut kedatangan Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, terus berlanjut di Kabupaten Gorontalo Utara pada Jumat (26/5/2023).

Seperti kunjungannya ke empat kabupaten sebelumnya, Penjabat Gubernur didampingi oleh istri, Fima Agustina, dan diterima dengan upacara adat Mopotilolo.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Kedatangan Penjabat Gubernur beserta rombongan di Gorontalo Utara terjadi sekitar pukul 14.16 WITA. Mereka disambut oleh Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, beserta istri dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat di Rumah Jabatan Bupati.

Mengenakan pakaian adat takowa berwarna krem, prosesi adat dimulai dengan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi oleh tabuhan genderang saat memasuki halaman Rumah Jabatan Bupati Gorontalo Utara.

Selanjutnya, upacara adat dilanjutkan dengan penyerahan persembahan adat, diikuti dengan pemberian suguhan minuman dan makanan tradisional. Acara tersebut ditutup dengan pembacaan doa oleh seorang tokoh agama.

“Berdasarkan nama Pemerintah Daerah Gorontalo Utara, kami dengan penuh rasa hormat dan takzim menyambut kedatangan Penjabat Gubernur beserta Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo.

Dengan penyambutan adat ini, berarti semua unsur Pemerintah Daerah dari tingkat kabupaten hingga desa, mendukung tugas dan amanah yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada beliau,” ujar Thariq Modanggu.

Dalam konteks adat Gorontalo, terdapat lima negeri adat yang dikenal sebagai “u duluwo limo lo pohalaa” (dua negeri bersaudara dari lima negeri adat).

Dari kelima negeri adat tersebut, Penjabat Gubernur akan mengunjungi Kota Gorontalo yang akan disambut dengan upacara adat Mopotilolo. (Ane)

Baca Juga  Pengembangan Paralayang di Gorut, Bupati Thariq ingin Pelatihan Pilot Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *