Scroll Untuk Tutup Iklan
Kab Bone Bolango

Merlan Apresiasi Produk UMKM dan TTG Mahasiswa Unisan Gorontalo

336
×

Merlan Apresiasi Produk UMKM dan TTG Mahasiswa Unisan Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Merlan Apresiasi Mahasiswa Unisan Gorontalo Hasilkan Berbagai Produk UMKM dan TTG di Desa Monano Plt. Bupati Merlan Uloli saat membuka kegiatan Agro Expo UMKM sekaligus menyerahkan bantuan Alsintan program Readsi, dan meresmikan program BSRS tahun 2022/2023 di Desa Monano, di Lapangan Volly Ball kompleks RTH Albada, Desa Monano, Sabtu (16/12/2023). (F.Yudi/Sespri).

DIGIMEDIA.ID – Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo,-

Khususnya Fakultas Pertanian, yang telah menghasilkan berbagai produk UMKM dan Teknologi Tepat Guna (TTG) melalui program Merdeka Belajar.

Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525
ADV
Pasang Iklan Baris disini, Hub 085945868525

Produk-produk tersebut diantaranya adalah keripik pisang, keripik singkong, keripik ubi, dodol, kue kering, sirup, sabun, pupuk organik, dan alat penyiram tanaman.

Produk-produk UMKM dan TTG tersebut dipamerkan dalam kegiatan Agro Expo UMKM yang digelar di Desa Monano, Kecamatan Bone, pada Sabtu (16/12/2023).

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Monano, dan pengresmian program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) tahun 2022/2023.

Produk-produk UMKM dan TTG yang dihasilkan oleh mahasiswa Unisan Gorontalo merupakan bentuk inovasi dan pengembangan sumber daya lokal yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Merlan mengapresiasi kerjasama antara desa dan perguruan tinggi dalam mewujudkan program ketahanan pangan di Desa Monano.

Pengembangan UMKM dan TTG memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian lokal, terutama di wilayah Desa Monano yang berada pada jalur strategis pantai selatan.

Ia berharap bahwa produk-produk UMKM dan TTG yang dihasilkan oleh mahasiswa Unisan Gorontalo dapat menembus pasar luar daerah dan menjadi ciri khas Kabupaten Bone Bolango.

“Pengembangan UMKM tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga menjadi sumber inovasi, keberlanjutan, dan inklusi sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang mutual antara desa dengan perguruan tinggi” harap Merlan Uloli.

Selain membuka Agro Expo UMKM, Merlan Uloli juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) program Readsi kepada kelompok tani Desa Monano.

Bantuan tersebut berupa traktor, pompa air, dan peralatan lainnya yang dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian di desa tersebut.

Selain itu Merlan juga meresmikan program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) tahun 2022/2023 di Desa Monano.

Program tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah memperbaiki rumahnya agar lebih layak huni. Sebanyak 50 rumah di Desa Monano mendapatkan bantuan BSRS sebesar Rp 17,5 juta per rumah.

Merlan Uloli berharap bahwa bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Monano.

“Mudah-mudahan produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM di Desa Monano dapat dibawa keluar daerah dan,..”

“Menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Bone Bolango melalui kolaborasi bersama perguruan tinggi,” tutup Merlan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMGO